Pages

Minggu, 09 Desember 2012

Andean mountain cat, kucing liar langka dari pegunungan Andes

Terbaru

Andean mountain cat, kucing liar langka dari pegunungan Andes
Andean mountain cat atau kucing gunung Andean atau yang memiliki nama latin Leopardus jacobita ini merupakan jenis kucing liar berukuran kecil. Ras ini adalah satu dari dua jenis felids yang tidak memiliki subspesies.
Andean mountain cat merupakan salah satu dari dua lusin ras kucing liar berukuran kecil yang ada di dunia. Saat ini jumlahnya hanya sekitar 2.500 ekor kurang di seluruh dunia dan masuk dalam kategori hewan yang dilindungi.
Kucing liar ini hidup di ketinggian 3.500 - 4.800 m di atas permukaan laut. Dan hanya ditemukan di daerah yang memiliki cukup air. Meskipun ukurannya sebenarnya nyaris sama dengan kucing domestik, tetapi berkat ekornya yang panjang dan berbulu lebat, kucing ini jadi terlihat lebih besar.
Bulu Andean mountain cat berwarna abu-abu silver dengan bulu bagian bawah berwarna putih dengan banyak bintik dan garis berwarna gelap. Terdapat bulu berwarna hitam yang melingkar di sekitar ekor dan sebagian badannya.
Panjang tubuh kucing gunung Andean sekitar 57 hingga 64 cm, dengan panjang ekor sekitar 41 hingga  48 cm dan tinggi sekitar 36 cm diukur dari kaki hingga pundak. Sementara berat tubuh kucing langka ini sekitar 5,5 kg.
Kucing yang lebih banyak aktif dimalam hari ini merupakan yang paling terkenal dan yang paling langka dari semua jenis kucing. Sehingga banyak pengetahuan mengenai kucing ini yang didapat langusng dari alam liar dan habitat aslinya. Dipercaya sampai saat tulisan ini kami tulis, kucing ini belum ada yang masuk dalam penangkaran. Dan dipercaya pula bahwa kucing ini hanya bisa ditemui di pegunungan Andes yang meliputi Peru, Bolivia, Cili, dan Argenti8na.
Sampai saat ini pengetahuan mengenai ras kucing langka ini sudah semakin meningkat. Setidaknya sejak Nowell dan Jackson menuliskan bahwa "Belum dikatahui pasti apakah kelangkaan kucing ini akibat fenomena alam, atau akibat perbuatan manusia, atau hanya karena kesalahan pengamatan saja.", sejak saat itu penelitian berhasil menemukan fakta bahwa kucing ini memang ras yang langka.
Berdasarkan pengamatan yang sudah dilakukan di alam liar, diperkirakan musim kawin Andean mountain cat terjadi sekitar bulan Juli dan Agustus. Kesimpulan ini diambil karena anakan kucing langka ini mulai terlihat pada bulan April dan Oktober.
Biasanya Andean mountain cat akan melahirkan satu atau dua ekor anakan selama musim semi dan musim panas. Hal ini juga sama dengan kebanyakan predator yang melahirkan anak-anaknya pada saat sumber makanan mereka sedang berkembangbiak juga.
Pada tahun 2002 status Andean mountain cat berubah dari "populasi rendah" menjadi "terancam punah" oleh IUCN. Dan karena habitat dari kucing liar langka ini tersebar di empat negara, maka para ahli biologi berusaha bekerjasama dalam upaya perlindungan hewan langka ini. Upaya ini melahirkan sebuah organisasi yang kemudian dikenal sebagai  Andean Cat Alliance
Referensi : wikipedia