Pages

Kamis, 20 Desember 2012

CC, kucing kloning pertama di dunia

Terbaru

CC, kucing kloning pertama di dunia
CC untuk Copycat atau Carbon Copy merupakan seekor kucing domestik berbulu pendek betina berwarna cokelat tabby-putih yang merupakan kucing kloning pertama. Kucing tersebut lahir pada tanggal 22 Desember 2001 melalui proses kloning dari seekor kucing bernama Rainbow.
Proyek pengkloningan kucing ini dikenal dengan nama "Operation CopyCat," dan merupakan bagian dari proyek yang lebih besar yang disebut Missyplicity, yaitu sebuah proyek pengkloningan seekor anjing yang bernama Missy. Dan Genetic Savings & Clone, sebuah perusahaan komersil yang menyediakan jasa kloning untuk binatang peliharaan yang ditutup pada tahun 2006, merupakan pelaku dari penelitian ini.
CC lahir di fakultas kedokteran hewan di Texas A&M University, dibawah arahan dari Dr. Mark Westhusin yang bekerjasama dengan Dr. Taeyoung Shin. Kehadiran CC diperkenalkan kepada publik pada tanggal 14 Februari 2002 melalui sebuah jurnal ilmiah alamiah yang menceritakan tentang keberhasilan proses kloning tersebut.
CC pun akhirnya tinggal bersama Dr. Duane Kraemer, salah seorang yang terlibat dalam proyek tersebut. Menurut penuturan Kraemer, CC tidak mengalami masalah kesehatan seperti yang kebanyakan hewan kloning lain alami. CC terlihat seperti seekor kucing yang normal. Bahkan pada tahun 2006, CC melahirkan 3 orang anakan melalui pembuahan secara alami. Dan CC pun menjadi hewan kloning pertama yang telah melahirkan.

Referensi : wikipedia