Pages

Kamis, 20 Desember 2012

Jenis makanan yang baik untuk kucing

Terbaru

Jenis makanan yang baik untuk kucing
Kucing adalah karnivora sejati, berbeda dengan anjing yang termasuk omnivora. Kucing akan mati jika tidak makan-makanan yang bersifat hewani, sedangkan anjing dapat hidup meskipun dia tidak makan daging-dagingan dan ikan-ikanan. So, jangan berikan makanan anjing kepada kucing.
Makanan kucing yang baik adalah yang tidak terlalu banyak mengandung karbohidrat, rendah lemak, tetapi cukup tinggi protein. Makanan kucing yang baik biasanya memiliki minimal 25% kandungan protein, dan cenderung lebih baik jika lebih tinggi. So, jika anda akan membeli makanan kucing, lihatlah komposisinya dengan teliti.
Terdapat dua jenis makanan kucing yang dijual di pasaran yaitu, dry food (kering) dan wet food (basah). Menurut yang saya tahu, dan menurut kebanyakan pecinta kucing, makanan dry food itu lebih baik daripada makanan wet food.
Dry food umumnya memiliki banyak kandungan gizi tambahan. Selain itu, teksturnya yang cukup keras, sangat baik untuk kesehatan gigi si kucing. Dan karena makanan ini kering, maka dry food dapat bertahan dalam waktu yang cukup lama.
Wet Food, banyak yang menganggapnya sebagai junkfood untuk kucing. Beberapa alasan yang membuat wet food atau makanan kucing kalengan ini disebut sebagai makanan sampah bagi kucing antara lain : 
  • Kucing yang sudah terbiasa makan wet food akan susah untuk berganti menu makanan lain.
  • Karena teksturnya yang lembek, makanan ini rentan membuat timbulnya karang gigi dan flak pada mulut kucing.
  • Kandungan gizi pada wet food juga cenderung tidak begitu seimbang. Sehingga tidak baik jika diberikan kepada si kucing dalam jangka panjang.
Demikain jenis makanan kucing yang dapat kami informasikan kepada anda. Semoga artikel yang tidak banyak ini cukup membuka wawasan anda dalam menentukan jenis makanan mana yang baik untuk kucing kesayangan anda. Semoga anda bijaksana dalam membelikan si kucing cat food

Referensi : kucing.biz