Pages

Sabtu, 22 Desember 2012

Lilly, kucing yang dapat mendeteksi penyakit epilepsi

Terbaru

gambar kucing
Seekor kucing betina di Inggris yang bernama Lilly menjadi kucing pahlawan bagi pemiliknya yang mengidap penyakit epilepsi. Adalah Nathan Cooper pemilik dari kucing tersebut yang sudah beberapa kali tertolong nyawanya berkat aksi Lilly.
Suatu hari saat penyakit epilepsi Nathan kambuh, Lilly dengan segera berlari menuruni tangga dan mengeong dengan sangat keras seolah sedang mengabarkan kalalu majikannya sedang membutuhkan bantuan dari orang-orang sekitar. Nyawa Nathan pun tertolong.
Namun ternyata aksi heroik Lilly tidak hanya itu saja. Menurut penuturan ibu Nathan, Tracey, kucing berusia 14 tahun tersebut sudah menyelamatkan nyawa Nathan hingga beberapa kali. Pernah suatu ketika saat epilepsi Nathan kambuh dan nafasnya sempat terhenti, Lilly segera menjilati mulut Nathan. Dan ajaibnya Nathan kembali bernafas. Dan sejak saat itulah Lilly selalu berada di samping Nathan.
Menurut penuturan Tracey, kucing milik anaknya tersebut seperti memiliki sebuah kemampuan khusus untuk mendeteksi gejala dini jika epilepsi anaknya akan kambuh dalam beberapa hari kedepan. Kemudian Lilly sering memberikan tanda kepada orang tua Nathan kalau epilepsi Nathan mungkin akan kambuh dengan suara mengeong yang berbeda dari biasanya.
Kejadian semacam ini memang terdengar sangat tidak lazim. Namun beberapa ahli pernah mengungkapkan jika kucing ataupun anjing memiliki indera penciuman yang dapat mencium aroma suatu zat khusus dari tubuh manusia yang tidak terdeteksi oleh manusia. Penjelasan ini juga dijadikan sebagai penjelasan ilmiah mengenai seekor kucing bernama Oscar yang berhasil meramalkan lebih dari 50 kematian.

Referensi : kucingmania