Pages

Kamis, 20 Desember 2012

Manfaat telur bagi tubuh kucing

Terbaru

manfaat telur bagi kucing
Seperti yang kita tahu, tubuh kucing tidak bisa memproduksi lemak sendiri. Sehingga dia membutuhkan 'impor' lemak dari makanan yang dikonsumsinya. Salah satu makanan yang mengandung cukup lemak adalah telur. Di dalam setiap 100 gram telur terkandung 11,5% lemak, 13% protein, dan 160 kilokalori.
Dengan komposisi nutrisi yang demikian, telur menjadi salah satu makanan serat gizi bagi si kucing. Memberi makan satu butir telur mentah setiap seminggu sekali pada si kucing akan membantu tubuh kucing mendapatkan nutrisi yang dibutuhkannya.
Namun, perlu anda ketahui juga kalau di dalam putih telur juga terdapat sebuah senyawa yang disebut dengan senyawa avidin. Senyawa ini dapat mengurangi vitamin B biotin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kucing.
Untuk mengurangi kadar senyawa avidin dalam putih telur, dapat anda lakukan dengan memasaknya terlebih dahulu. Namun dengan memasaknya, kandungan gizi yang lain pun akan berkurang. Anda juga bisa memberikan kuning telurnya saja kepada si kucing. Namun konsekwensinya adalah kucing anda akan rentan terkena kegemukan, karena kadar lemak dalam kuning telur mencapai 31%.
Jadi jalan tengah yang bisa diambil adalah dengan memberikan tidak lebih dari satu butir telur setiap minggunya. Itu pun jika kucing anda mau memakannya. Karena, meskipun telur baik untuk semua jenis kucing, tetapi faktanya tidak semua kucing mau makan telur, bahkan yang sudah matang sekalipun, seperti kucing blacan saya.

Referensi : kucing.biz
credit image :  mybelovedcat