Pages

Senin, 17 Desember 2012

Mengenal Kucing Cymric

Terbaru

gambar kucing cymric
Kucing cymric, beberapa orang menyebutnya sebagai kucing Manx berbulu panjang. Yeah, pada dasarnya kucing ini memang berasal dari pulau yang sama yaitu Isle of Man. Sifat dan karakteristiknya pun sama dengan kucing Manx. Keduanya juga sama-sama memiliki ekor yang pendek atau bahkan tanpa ekor sama sekali.
Kucing Cymric merupakan salah satu kucing ras tertua di dunia. Kucing ini terbentuk secara alami bukan persilangan buatan. Ekornya yang pendek atau tanpa ekor terbentuk karena terjadinya mutasi genetik pada tubuh kucing ini.
Kucing cymric memiliki 3 bentuk ekor yang berbeda yang diakui oleh organisasi kucing dunia yaitu kucing cymric tanpa ekor, rumpy/rumpy riser dengan ekor yang pendek di pangkal, dan terakhir kucing cymric dengan ekor rumpy/dimple rumpy.
Perkembangbiakan kucing Cymric dan Manx tanpa ekor cukup riskan akan kematian. Maksudnya, kucing yang sedang mengandung rawan mengalami keguguran atau janin mati di dalam kandungan akibat dari kelainan pada tulang punggungnya. Sehingga bisa dibilang perkembangbiakan kedua ras kucing ini cukup sulit.
Kucing Cymric baru diakui keberadaannya sejak tahun 1960-an dan baru mulai populer ketika memasuki tahun 1970-an. Sifat kucing Cymric antara lain aktif, senang bermain, setia, senang berada di sekitar manusia, dapat hidup berdampingan dengan binatang lain di rumah, senang bermian air, dan dapat meloncat tinggi. Kucing ini juga dikenal sebagai one person cat atau one family cat karena sekali terikat dengan satu pemilik, kucing ini akan sulit hidup bersama pemilik lain.

Referensi : kucing.biz