Pages

Senin, 17 Desember 2012

Mengenal kucing Toyger

Terbaru

gambar kucing toyger
Toyger merupakan singkatan dari "Toy Tiger". Diberi nama seperti itu karena memang tujuan awal pembiakan kucing ras ini adalah untuk membuat miniatur dari Tiger (harimau). Sehingga pola warna bulu dari kucing ini memang benar-benar dibuat agar semirip mungkin dengan belangnya harimau. Dengan demikian kita bisa bermain-main dengan harimau kecil di rumah.
Kucing Toyger merupakan hasil dari persilangan kucing bengal dengan kucing domestik belang berbulu pendek yang dilakukan oleh Judy Sugden, seorang pemilik peternakan kucing di Amerika Serikat yang bernama EEYAAS Cattery sekitar tahun 1980-an.
Ras kucing Toyger pertama kali diakui oleh organisasi The International Cat Association (TICA) pada awal tahun 1990-an. Dan baru mendapatkan status Preliminary New Breed pada tahun 2000. Dalam pengembangannya, kucing ras baru ini juga dibantu oleh para breeder dari Inggris dan Amerika Serikat.
Temperamen kucing Toyger terbilang baik. Dia memiliki sifat yang cerdas, penyayang, suka tidur tetapi cukup aktif dan cukup agresif. Tingkat kesehatan kucing berukuran sedang ini juga baik dengan ketahanan tubuh terhadap penyakit yang cukup mumpuni.
Kucing ini juga cenderung mudah dilatih serta mudah beradaptasi dengan hewan piaraan lain dan juga anak-anak. Beberapa keturunan Toyger juga diketahui cukup suka mengeong.
Di Indonesia sendiri saya menemukan ada yang sudah jual kucing Toyger. Di situs surabaya.olx.co.id saya menemukan harga kucing Toyger yang ditawarkan adalah 5 juta rupiah untuk Toyger yang sudah berumur 1 tahun dan sudah divaksin.
Referensi : kucing.biz