Pages

Jumat, 21 Desember 2012

Nora, seekor kucing jenius yang senang bermain piano

Terbaru

gambar Nora si kucing yang suka bermain piano
Kucing ini bernama Nora, seekor kucing tabby berwarna abu-abu yang lahir sekitaran tahun 2006. Dia diadopsi oleh seorang guru les piano dari sebuah penampungan hewan di Cherry Hill, New Jersey. Nora menjadi kucing yang sangat terkenal setelah videonya "bermain piano" di-upload ke YouTube. The Time London dalam edisi online-nya menuliskan kalau karakter musik yang dimainkan oleh Nora adalah musik Philip Glass dan free jazz yang setengah mateng.
Nama "Nora" yang diberikan kepada kucing ini terinspirasi dari seorang seniman yang bernama Leonora Carrington. Nora diadopsi ketika berumur satu tahun. Pada suatu tengah malam Nora naik ke bangku di depan sebuah piano Yamaha Disklavier dan mulai menekan satu persatu tuts. Sejak saat itu, "bermain piano" menjadi salah satu kegiatan rutin Nora
Terkadang Nora bermain piano duet dengan pemiliknya dan murid dari pemiliknya. Kemudian suatu hari muridnya tersebut punya inisiatif untuk merekam Nora yang sedang bermain piano dan meng-uploadnya ke YouTube pada awal tahun 2007.
Ternyata banyak sekali yang menyaksikan video tersebut sehingga menarik perhatian media massa. Nora pun akhirnya tampil dalam beberapa berita koran, acara talkshow, dan beberapa chanel berita seperti Martha Stewart, CNN, The Daily Show, Public Radio International, The Today Show dan the Philadelphia Inquirer. Nora juga tampil dalam syndicated television show, Wild About Animals, episode #332, pada bulan September 2010.
Kemampuan unik Nora menarik banyak musisi dan ilmuwan untuk menelitinya. Dan dia pun sepertinya menyukai semua perhatian yang diberikan kepadanya, tetapi dia juga tetap bermain ketika sendiri. Konon ketika bermain piano, Nora mampu menyentuh tuts keyboard dalam jangkauan D-E-F dan juga menekan tombol hitam.
National Science Foundation memasukkan Nora dalam sebuah video tentang kemampuan hewan yang sudah dipertontonkan di museum pada musim gugur 2007. Pianist Magazine yang berbasis di London juga menulis artikel tentang kucing tersebut. Selain itu video Nora yang sedang bermain piano juga digunakan pada acara National Conference of Keyboard Pedagogy pada tahun 2007.
Dean Santomieri, seorang musisi avant-garde dari San Francisco, menggunakan loop permainan piano Nora dalam sebuah penampilan grupnya pada Juli 2007. Seorang murid seni tari dari sebuah perguruan tinggi di Leeds, Inggris juga pernah melakukan penampilan solo menggunakan musik Nora.
Betsy Alexander juga telah menulis sebuah komposisi yang disebut "Fur Release: A Prelude for Paws and Hands" dengan menggabungkan musik Nora. Dan yang terakhir adalah sebuah CD musik dengan sebuah lagu yang berkolaborasi dengan permainan piano Nora juga telah dirilis oleh Laurel Canyon Animal Company.
Referensi : wikipedia