Pages

Kamis, 13 Desember 2012

Tips memberi makan kucing yang tidak nafsu makan

Terbaru

Tips memberi makan kucing yang tidak nafsu makan
Sama halnya dengan manusia, kucing yang sakit juga mengalami tidak nafsu makan. Padahal tubuh yang sakit itu butuh banyak asupan nutrisi untuk pemulihan kondisi tubuh. So, berikut ada beberapa tips untuk memberi makan kucing yangsedang sakit.
Pertama-tama yang bisa kita lakukan adalah dengan memberi makanan yang paling disukai oleh si kucing. Jika sudah cukup lama kita memeliharanya, pasti kita sudah tahu makanan apa yang paling disukai oleh si kucing.
Jika kita tidak tahu makanan kesukaan si kucing, kita bisa memberikan makanan yang biasanya. Hanya saja memberikannya satu tempat dengan kucing lain yang sehat. Tujuannya untuk membangkitkan instink berkompetisi dalam memangsa, sehingga kucing akan terpancing untuk ikut makan juga.
Jika hanya punya satu kucing di rumah, anda bisa menggunakan cara berikutnya, yaitu memberikan makanan dengan aroma menyengat, aroma ikan misalnya. Aroma yang menyengat ini cenderung akan menstimulan nafsu makan kucing.
Namun jika kucing anda sedang pilek dan tidak bisa mencium aroma dengan normal, anda bisa memberinya makanan yang basah. Kucing lebih suka makan wet food daripada dry food. Jika anda sudah telanjur membelikan dry food, anda bisa menambahkannya dengan sedikit kuah kaldu.
Kucing yang malas makan biasanya juga diakibatkan karena pergantian merk makanan yang anda berikan. Tips nya adalah, gantilah menu makan secara bertahap. Anda bisa mencampurkannya dengan makanan lamanya sedikit-sedikit secara bertahap setiap harinya sebelum akhirnya 100% digantikan.
Sebagian besar masalah nafsu makan kucing bisa diselesaikan dengan tips di atas. Namun jika anda sudah mencobanya tetapi nafsu makan kucing anda tidak juga kembali normal, sebaiknya anda segera memeriksakannya ke dokter hewan terdekat.

Referensi : kittykrafty