Pages

Minggu, 16 Desember 2012

Wanita penggemar kucing

Terbaru

Aku sudah 20 tahun tinggal di lingkungan rumahku yang sekarang. Seperti selama sepuluh tahun dari masa itu kuhabiskan dengan mencari hewan yang hilang, entah milikku sendiri atau milik orang lain yang kulihat diberitakan di kolom hewan hilang di surat kabar.
Belum lama ini, aku kembali melakukan kegiatanku itu, mendatangi rumah - rumah, mencari salah seekor kucingku sendiri yang hilang, seekor kucing hitam kecil bernama Nicholas yang meloloskan diri dari pintu sebelum sempat kuhentikan.
Aku berkeliling ke rumah-rumah tetangga, memberi gambaran tentang Nicholas. Karena sudah hafal dengan kebiasaanku, orang - orang ini berjanji akan ikut melihat-lihat dan akan meneleponku kalau melihat Nicholas.
Dua blok dari rumahku, aku melihat seorang laki - laki sedang membereskan daun - daun yang gugur di pekarangan sebuah rumah yang belum lama ini dijual. aku memperkenalkan diri dan menceritakan pada tetangga baruku itu tentang hilangnya Nicholas. Kutanyakan apakah ia melihat kucing tersebut.
"Tidak," sahutnya. "Aku belum pernah melihat ada kucing hitam kecil di sekitar sini." Ia diam sejenak, memandangiku, dan berkata "Tapi aku tahu anda mesti bertanya kepada siapa. Beberapa tetanggaku bilang ada wanita di lingkungan sini yang tergila-gila pada kucing. Mereka bilang dia tahu setiap kucing di sekitar sini, dan kemungkinan dia sendiri punya lusinan kucing. Mereka menyebutnya 'Wanita Penggemar Kucing'. Tanyakan saja Padanya."
"Oh, terima kasih," Sahutku bersemangat. "Anda tahu dimana dia tinggal?"
Ia menunjuk ke ujung jalan "Di sana itu."
Aku mengikuti arah jarinya dan mulai tertawa. Orang itu menunjuk rumahku.

oleh : Patti Thompson
dari buku : Chicken Soup for the Cat & Dog lover's soul