Pages

Sabtu, 12 Januari 2013

Agar induk kucing tidak membawa anaknya pindah-pindah rumah setelah melahirkan

Terbaru

kandang terbaik untuk kucing yang baru melahirkan
Mungkin kelihatannya adalah hal yang lumrah jika seekor kucing, terutama kucing kampung, terlihat beberapa kali pindah rumah menggondol anak-anaknya beberapa hari setelah dia melahirkan. Namun tahukah anda jika hal tersebut bisa mengakibatkan hal buruk bagi anak-anaknya???
Saat baru lahir, tubuh kucing kecil belum bisa menghasilkan panas yang cukup untuk menghangatkan tubuhnya sendiri. Kehangatan yang membuatnya nyaman adalah berasal dari pelukan sang induk. Jika si induk sering berpindah-pindah, dikhawatirkan si anak kucing akan mengalami kedinginan ketika sang induk menaruhnya di tempat baru dan mengambil saudaranya dari tempat lama. 
Pertanyaannya sekarang adalah, kenapa kucing berpindah-pindah "rumah" beberapa hari setelah melahirkan??? Kebanyakan alasan utamanya adalah faktor keamanan. Si kucing yang parno, akan memindah-mindahkan anak-anak mereka hingga beberapa kali dengan tujuan agar anaknya tersebut tidak diincar predator. Lalu apa yang bsia kita lakukan untuk paling tidak mengurangi frekwensi kepindahannya???
Ada beberapa hal yang mungkin bisa anda lakukan, diantaranya adalah :
  • Membuatkan "rumah" di tempat yang agak tersembunyi. Tempat yang tidak terpapar sinar matahari secara langsung, yang tidak banyak aktifitas di sekitarnya, dan tidak kita usik keberadaannya selama sekitar 2 mingguan setelah si anak kucing lahir.
  • "Rumah" untuk si kucing dan anak-anaknya yang saya maksud adalah dibuat dari kotak kardus yang atapnya sudah dipotong dan tepiannya disisakan setinggi sekitar satu jengkal telapak tangan orang dewasa, dan dialasi kain. Untuk lebarnya, anda bisa sesuaikan dengan berapa jumlah makhluk mungil yang anak menempatinya.
Dengan membuatkan sebuah rumah baru yang memenuhi dua kriteria di atas, si induk akan merasa tempat tersebut cukup aman dari predator, sehingga tidak akan berpindah-pindah lagi. Nah, saya rasa hanya hal tersebutlah yang bisa anda lakukan untuk mencegah agar si induk kucing tidak sering-sering memboyong anak-anaknya pindahan. Jika anda sudah melakukan kedua hal di atas dengan teliti tetapi ternyata si induk kucing tetap nekad pindahan. Ya Sudahlah, apa mau dikata???