Pages

Sabtu, 19 Januari 2013

Agar kucing merasa nyaman berada di dalam mobil

Terbaru

Agar kucing merasa nyaman berada di dalam mobil
Kucing bagaimanapun juga berbeda dengan anjing. Anjingakan sangat antusias ketika diajak naik benda-benda bergerak seperti motor atau mobil. Mereka senang ketika angin berhembus menerpa wajah dan lidah mereka yang menjulur. Namun bagi kucing, bepergian dengan cara seperti adalah hal yang sangat tidak disukai.
Adalah hal yang sangat tidak nyaman bagi si kucing jika harus berada di atas mesin yang memutarkan roda. Mereka dapat stress dan bahkan sampai muntah-muntah (mabok perjalanan bagi manusia) jika terlalu lama di dalam mobil. Namun jika kucing tidak mau naik mobil, bagaimana kita bisa membawa si kucing ikut bertamasya, atau sekedar mengunjungi dokter hewan??? Berikut ada tips agar si kucing merasa nyaman di dalam mobil.
  • Biasakan kucing melakukan perjalanan dengan mobil sejak masih kecil. Kucing yang masih muda cenderung lebih mudah dibentuk kebiasaannya dibandingkan dengan kucing yang sudah dewasa. Jika dari kecil kucing sudah terbiasa melakukan perjalanan dengan mobil, sampai besar dia sudah tidak akan rewel lagi.
  • Jika kucing anda sering mabok perjalanan (gejalanya seperti keluar air liur, muntah, diare), maka anda bisa berkonsultasi dengan dokter hewan anda untuk memberinya dramamine saat akan melakukan perjalanan.
  • Ajari si kucing bersikap tenang di dalam mobil. Anda bisa melakukannya dengan membawa kucing dalam carrier (kandang jinjing) kemudian menaruhnya di jok mobil dalam keadaan mesin mati dan mengikatkan sabuk pengaman di kandangnya. Jika si kucing tidak meronta-ronta, beri dia makanan favoritnya. Hal ini untuk mencuci otak si kucing agar di dalam pikirannya tertanam paham "jika saya tenang saya akan diberi makanan." lakukan berulang-ulang hingga anda yakin untuk tahap berikutnya.
  • Jika kucing sudah bisa tenang berada di dalam mobil yang mesinnya mati, coba mulai nyalakan mesin mobil anda. Lihat reaksinya, jika si kucing tetap bisa tenang, beri dia makanan lagi. Namun jika si kucing mulai meronta-ronta, segera matiakn mesin mobil anda. Dan ulangi lagi lain kali.
  • Jika kucing sudah bisa tenang di dalam mobil yang mesinnya nyala, sekarang waktunya mengajaknya berkeliling kompleks perumahan. Jangan jauh-jauh dulu!!! Sebaiknya selain ada anda yang mengemudikan mobil, ada seseorang lagi yang duduk di samping si kucing, sambil mengusap-usap bulunya untuk membantu me-rileks-kan si kucing.
  • Nah setelah tahap-tahap di atas semuanya sudah berjalan lancar , dan kucing anda sudah dipastikan selalu tenang di dalam mobil. Mulailah mengajaknya berkendara cukup jauh. Ke tempat dokter hewan anda misalnya, sambil memeriksakan kondisi si kucing.
Namun jika langkah-langkah di atas tidak memberikan efek terhadap ketakutan kucing anda berada di dalam mobil. Yah, mau bagaimana lagi??? ^_^

Referensi : petfinder