Pages

Selasa, 15 Januari 2013

Agar si kucing datang saat dipanggil

Terbaru

gambar kucing putih cantik
Agar kucing mau datang saat kita panggil ada beberapa cara. Meskipun demikian kita harus tetap paham kalau kucing bukanlah anjing. Mungkin anjing akan selalu mendekat ketika dipanggil, sedangkan kucing mungkin hanya akan menengok sesaat kemudian berlalu begitu saja.
Yang bisa anda lakukan agar si kucing datang saat dipanggil adalah :
  • Memberinya nama, dan memanggil namanya setiap anda akan memberinya makan. Kucing itu dapat mengenali suara dengan baik. Seperti kucing saya yang saya beri nama "Aya", kalau dia berada dekat di luar kost dan mendengar saya berteriak memanggil nama "Aya" dengan nada seperti ketika saya hendak memberinya makan, maka dia akan segera berlari masuk ke dalam kost. Mesti tetap nggak mau langsung mendekat ke saya, tetapi paling tidak dia sudah mau mendengarkan panggilan saya dan masuk ke dalam kost. ^_^
  • Panggilannya jangan berubah-ubah!!! Beberapa orang ahli mengatakan kalau kucing sebenarnya tidak begitu peduli dengan siapa namanya. Dia hanya merespon panggilan karena dia mengenali suara majikannya dan karena biasanya sang majikan akan memberinya makan atau akan mengelusnya jika dia mau datang. So, kalau panggilannya berubah-ubah kemungkinan besar si kucing tidak akan mengenali suara anda.
  • Anda juga bisa menambahkan beberapa hal yang khas ketika memanggil si kucing, seperti menepuk-nepukkan tangan, memukul-mukulkan sendok atau yang lain. Pokoknya yang khas dan mudah dikenali.
Jadi intinya adalah, doktrin si kucing dari sejak kecil agar di dalam otaknya terpatri pemahaman kalau anda memanggil namanya berarti dia akan mendapatkan sesuatu yang menyenangkan seperti makanan, usapan lembut, atau diajak main. So, si kucing akan datang saat dipanggil.
Meskipun demikian, perlu saya tekankan sekali lagi bahwa kucing bukanlah binatang yang sangat patuh seperti anjing. Kucing adalah binatang yang punya ego dan harga diri. Meskipun sama-sama sayang dan setia kepada majikannya, kucing akan memiliki cara tersendiri untuk menunjukkannya. Tidak hanya sekedar mengikuti apapun yang majikannya perintahkan.