Pages

Senin, 28 Januari 2013

Di Indonesia ternyata juga ada Pulau Kucing

Terbaru

Pulau Dea-dea, sebuah pulau kucing di Indonesia
Dulu kita pernah "jalan-jalan" ke Pulau Kucing di Jepang. Eh ternyata di Indonesia sendiri juga ada loh Pulau Kucing, ngapain jauh-jauh ke Jepang coba??? Kita hanya perlu pergi ke sebuah pulau di Polewali Mandar, Sulawesi Barat, untuk melihat sebuah Pulau yang di dalamnya hanya dihuni oleh kucing saja. Tanpa manusia satupun.
Di sebuah pulau di Polewali Mandar tersebut hidup ratusan ekor kucing berbagai jenis yang berkembang secara liar, tanpa campur tangan manusia. Karena memang tidak ada manusia yang tinggal di pulau tersebut. Konon, dulunya hanya ada beberapa ekor kucing saja yang ada di Pulau tersebut. Itu pun kucing-kucing yang dibuang oleh penduduk setempat. Dan ternyata kucing-kucing buangan tersebut dapat survive dan berkembangbiak hingga menjadi ratusan ekor untuk saat ini.
Pulau kucing di Indonesia tersebut bernama Pulau Dea-dea. Butuh waktu perjalanan sekitar 15 menit mengendarai Taxi air (sebutan warga setempat untuk perahu penyeberangan antar pulau) dari dermaga Penyeberangan Belang-belang di Desa Tonyamang, Polewali Mandar, Sulawesi Barat.
Kucing-kucing yang hidup di sana, tumbuh dan berkembang tanpa campur tangan manusia ataupun pemerintah setempat. So, pengunjung yang datang ke Pulau tersebut, hanya bisa melihat aneka kucing dari jarak jauh saja. Akan sangat sulit sekali untuk mendekati kucing-kucing "liar" tersebut. Apalagi untuk membelainya.
Sayangnya, meski sudah cukup banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang mengunjungi pulau tersebut, Pulau kucing di Indonesia ini tidak juga mendapatkan pengelolaan yang lebih profesional untuk tujuan wisata. Bahkan sebuah gazebo untuk berteduh para wisatawan jika turun hujan pun belum dibuatkan oleh pemerintah setempat. (seenggaknya sampai saat artikel ini ditulis.)
Hmm, semoga tidak lama lagi Pulau Kucing Indonesia ini bisa menjadi sepopuler Pulau Kucing di Jepang.

Referensi : kompas