Pages

Selasa, 29 Januari 2013

Kenapa kucing suka menggali???

Terbaru

Kenapa kucing suka menggali?
Kenapa kucing suka menggali tanah, entah itu tanah di halaman atau tanah yang berada di pot bunga di dalam rumah??? Ada beberapa alasan kenapa kucing melakukan hal tersebut. Diantaranya adalah sebagai berikut :

Alasan pertama dan yang paling utama adalah untuk menyembunyikan urin atau kotoran mereka dari predator. Adalah hal yang lumrah bagi musuh kucing untuk melacak keberadaan si kucing dari bau urin dan kotorannya. Sehingga sebisa mungkin si kucing akan menggali dan mengubur kotoran dan urinnya untuk memastikan agar mereka tidak dapat dilacak oleh musuh mereka.
Meskipun saat ini kebanyakan kucing sudah tinggal di rumah yang aman dari predator mereka, tetapi naluri menggali dan mengubur ini masih tetap tertanam di dalam naluri si kucing.

Alasan berikutnya adalah karena kucing suka berburu. Mereka suka berburu dengan menggali lobang kelinci, lubang ular, dan lubang-lubang yang lain dari mangsa mereka. Meski saat ini kebanyakan kucing tidak makan hewan hidup secara langsung karena sudah merasakan makanan matang yang diberikan manusia sejak kecil, tetapi naluri mereka untuk memburu binatang kecil tetap tidak tergoyahkan. Makanya di Selandia Baru beberapa spesies burung endemik punah akibat kucing peliharaan.

Alasan berikutnya adalah, untuk menajamkan cakar mereka. Dengan mencakar-cakar permukaan tanah yang kasar, itu akan membantu cakar mereka agar lebih tajam. Meskipun saat ini banyak kucing yang cakarnya rutin dipotong, tetapi insting ini tetap ada.

Berikutnya, kucing juga terbiasa mencakar-cakar atau lebih mirip dengan menggali, di tempat tidur mereka untuk memastikan tempat tidur mereka nyaman.

Apapaun alasannya, kegiatan menggali ini merupakan warisan dari nenek moyang mereka. So, alangkah baiknya jika anda memahami perilaku kucing yang satu itu. Memarahinya tidak akan memberikan solusi. Apalagi sampai mencabut kuku si kucing atau yang dikenal dengan istilah declaw. Itu adalah cara yang sangat kejam menurut saya.

Referensi : mysmelly