Pages

Kamis, 03 Januari 2013

Kisah Trim si Kucing Kapal kesayangan pembuat peta benua Australia

Terbaru

gambar patung trim di dekat perpustakaan Mitchell Sydney
Trim merupakan nama seekor kucing kapal yang menemani Matthew Flinders dalam perjalanannya untuk memetakan garis pantai benua Australia pada tahun 1801 hingga 1803. Trim lahir pada tahun 1799 di atas sebuah kapal yang berlayar dari Tanjung Harapan menuju Botany Bay.
Trim merupakan seekor kucing jantan berbulu hitam dengan warna putih pada bagian dada, dagu, dan cakarnya. Diberi nama Trim karena Flinders terinspirasi dari nama seorang butler di Laurence Sterne's Tristram Shandy, dan karena Flinders menganggapnya sebagai teman setia dan penuh kasih sayang.
Saat masih kecil, Trim pernah sekali terjatuh ke laut, tetapi dia dapat segera berenang dan kembali naik ke kapal melalui sebuah tali. Atas aksinya tersebut, Trim menjadi kucing kesayangan Matthew Flinders dan para kru kapal.
Trim berlayar bersama Matthew Flinders menggunakan kapal HMS Investigator dalam rangka memetakan garis pantai Australia. Dia pernah mengalami kejadian kapal karam di Wreck Reef pada tahun 1803, tetapi dia berhasil selamat. 
Dan ketika Flinders ditangkap atas tuduhan sebagai mata-mata oleh Perancis di Mauritius saat perjalanan kembali ke Inggris, Trim dikabarkan menghilang secara misterius. Ada kabar yang mengatakan kalau Trim diculik dan kemudian dimakan oleh budak yang kelaparan.
Selama di dalam penjara, Flinders telah menuliskan sebuah biografi untuk mengenang Trim. Dimana Flinders mendiskripsikan kucing jantan kesayangannya tersebut sebagai binatang terbaik yang pernah dia lihat.
Pada tahun 1996 sebuah patung perunggu untuk mengenang Trim didirikan oleh seorang pematung yang bernama John Cornwell dan diletakkan tepat di belakang patung sang pemilik, Matthew Flinders, di dekat perpustakaan Mitchell di Sydney. Kepopuleran patung Trim yang terus meningkat membuat sebuah perpustakaan bernama State Library of New South Wales membuat berbagai macam merchandise Trim. Dan di perpustakaan tersebut juga didirikan sebuah cafe dengan nama Cafe Trim.

Referensi : wikipedia