Pages

Minggu, 20 Januari 2013

Mengapa induk kucing tidak menyusui anaknya???

Terbaru

Mengapa induk kucing tidak menyusui anaknya?
Induk kucing berhenti menyusui anak-anaknya selain karena sudah masanya disapih (lihat artikel kapan waktu terbaik menyapih anak kucing ) ada juga beberapa alasan lain. Padahal anak kucing setidaknya membutuhkan 10 kali menyusu kepada induknya dalam sehari. Nah, dalam hal inilah, manusia seharusnya berperan penting dalam merawat si anak kucing. Dan berikut ini beberapa faktor yang mungkin menjadi sebab mengapa induk kucing berhenti menyusui anaknya.

Induk kucing sakit. Mastitis merupakan sejenis infeksi yang dapat menghentikan produksi susu si induk kucing sehingga si induk tak lagi mampu menyusui anak-anaknya. Bisa juga bekas luka caesar yang dilakukan saat si induk kucing melahirkan belum pulih, sehingga aliran susunya terhambat.

Anak kucing sakit. Selain faktor kesehatan yang dialami oleh sang induk, kasus anak kucing yang tidak menyusu lagi bisa terjadi karena si anak kucing terinfeksi viral atau bakteri yang membuat insting menyusunya tidak normal.

Masalah penglihatan si anak kucing. Seperti yang kita tahu, anak kucing yang baru lahir matanya masih tertutup. Mereka dapat menemukan lokasi puting induknya dengan cara mengendus dan meraba. So, jika hidung si anak kucing ada masalah (tertutup kotoran, misalnya) maka dia tidak akan mampu menemukan puting susu induknya.



Anaknya terlalu banyak. Induk kucing yang melahirkan anak yang terlalu banyak, maka anak kucing yang berbadan paling besar dan paling kuat akan memonopoli susu induknya. Anak kucing yang badannya lemah tidak akan mendapatkan bagian, dan akhirnya mati kelaparan.

Adanya masalah genetik pada anaknya. Kasus ini sering terjadi pada kucing-kucing jalanan, ketika si induk merasa anaknya mengalami kelainan genetik atau masalah kesehatan yang cukup parah dan harapan hidupnya sangat kecil, maka si induk kucing tidak akan menyusui anaknya tersebut, dan membiarkannya mati kelaparan. Atau bisa juga terjadi karena si induk kucing melahirkan pada saat musim dingin, sehingga harapan hidup anaknya sangat kecil, maka induknya akan membiarkan anaknya tersebut mati kelaparan. Hal ini termasuk dalam salah satu sebab mengapa induk kucing membunuh anaknya sendiri.

Referensi : ehow