Pages

Senin, 28 Januari 2013

Mengenal Kucing California Spangled

Terbaru

Gambar Kucing California Spangled
Kucing California Spangled merupakan salah satu dari beberapa ras kucing peliharaan yang bermotif macan tutul. Kucing ini mulai dikembangkan sejak tahun 1980-an dan termasuk jenis kucing yang langka dan mahal. Harga kucing California Spangled berkisar antara $800 hingga $2,500. Itu pun jika belum naik.
Akibat semakin terancam punahnya macan tutul, seorang antropologi yang bernama Louis Leakey termotivasi oleh Paul Arnold Casey, Jr. dari California untuk mengembangkan satu ras kucing domestik yang memiliki pola macan tutul, untuk menekankan kepada masyarakat luas akan betapa pentingnya menjaga kelestarian macan tutul.
Kucing California Spangled sendiri terlahir dari persilangan secara intensif dari beberapa ras kucing domestik seperti kucing Abyssinian, American Shorthair dan British Shorthair. Berbeda dengan kucing Bengal yang memiliki darah kucing liar, Kucing California Spangled sama sekali tidak memiliki darah liar sedikitpun, meskipun penampilannya terkesan 'liar'.
Kucing ini memiliki penampilan yang menyerupai miniatur macan tutul. Tubuhnya memanjang, ramping, berotot, dengan motif tutul-tutul, dan jalannya tenang anggun. Motif tutul pada kucing ini mungkin tidak tutul secara sempurna semuanya. Terkadang ada yang motif tutulnya berbentuk oval, agak kotak atau bahkan membentuk segitiga. Warna bulu kucing California Spangled bermacam-macam, ada yang berwarna perunggu, kucing keemasan, kebiru-biruan, cokelat, merah, hitam, silver, atau bahkan putih.
Temperamen kucing California Spangled ini antara lain senang bermain (terutama bermain dengan majikannya), dan interaktif dengan manusia. Kucing ini juga dikenal menyenangkan, penuh kasih sayang, penuh rasa ingin tahu, dan sangat dekat dengan pemiliknya. Kucing ini juga tergolong kucing yang cerdas, energik, dan cukup akrobatik. Kucing California Spangled juga terkenal memiliki kemampuan berburu yang sangat bagus.

Referensi : wikipedia