Pages

Jumat, 11 Januari 2013

Mengenal Kucing Don Sphynx, kucing tanpa bulu yang berasal dari Rusia

Terbaru

Gambar Kucing Don Sphynx
Kucing Don Sphynx atau juga dikenal dengan nama kucing Donskoy merupakan jenis kucing berbulu jarang (hairless) yang berasal dari Rusia. Pengembangbiakan ras kucing ini sendiri dimulai sejak tahun 1987 dengan penemuan seekor kucing hairless di kota Rostov-on-Don, Rusia oleh breeder kucing yang bernama Elena Kovaleva.
Meskipun dikenal dengan nama Kucing Don Sphynx, pada kenyataannya kucing ras ini sama sekali tidak memiliki hubungan dengan kucing Sphynx yang berasal dari Kanada. Kucing Sphynx muncul karena adanya recessive gen, sedangkan Don Sphynx muncul karena dominan gen.
Ras kucing ini pertama kali diakui oleh World Cat Federation (WCF) pada tahun 1997, dan pada tahun 2005 ras ini baru diakui oleh The International Cat Association (TICA). Menurut standar yang ditetapkan, kucing ini merupakan jenis kucing berukuran medium dan berotot, dengan ukuran daun telinga yang lebar, mata berbentuk almond yang memanjang, dan cakar yang berselaput.
Kucing Don Sphynx ini juga menjadi gen induk dalam pembiakan kucing Peterbald. So, menyilangkan kucing Don Sphynx dengan kucing Peterbald telah dilarang. O iya, meskipun Don Sphynx merupakan kucing hairless, bukan berarti kucing ini minim perawatan. Mereka tetap membutuhkan perawatan yang rutin, terutama untuk masalah kulitnya. Namun terlalu sering dimandikan justru akan membuat kulitnya semakin berminya.
Untuk masalah kesehatannya, beberapa orang percaya bahwa karena ras ini muncul akibat dominan gen, maka ras kucing ini rentan terkena feline ectodermal dysplasia yang menyebabkan masalah pada pertumbuhan gigi dan masalah pada produksi asam lactate. Meskipun demikian, tidak semua ras kucing Don Sphynx memiliki masalah kelainan gen.
Referensi : wikipedia