Pages

Senin, 14 Januari 2013

Mengenal Kucing Russian Blue

Terbaru

gambar Kucing Russian Blue
Kucing Russian Blue merupakan jenis kucing berbulu pendek dengan mantel berwarna biru-abu-abu. Terkadang kucing ini juga disebut dengan nama "Archangel Blues". Kucing ini merupakan jenis kucing yang terbentuk secara alami yang kuat dugaan berasal dari kota Arkhangelsk, Russia.
Kucing Russian Blue merupakan jenis kucing yang cerdas, penuh rasa ingin tahu, tetapi tetap tenang. Mereka dikenal senang bermain lempar tangkap (fetch) dan juga sensitif terhadap emosi manusia. Mereka senang dan menikmati ketika bermain dengan berbagai macam mainan yang pemiliknya berikan atau yang menurut mereka adalah sebuah mainan. Mereka juga cenderung memiliki ikatan yang kuat, dan setia kepada pemiliknya.
Kucing Russian Blue juga dikenal dapat hidup berdampingan dengan jenis binatang lain yang tinggal satu rumah. Mereka juga dapat dipercaya untuk dekat dan bermain dengan anak-anak. Kucing ras ini juga dikenal tidak berisik, dan hanya sesekali saja terdengar mengeong. Bulunya yang pendek membuatnya menjadi kucing yang cukup bersih.
Temperamen kucing Russian Blue cenderung pemalu jika berada di sekitar orang yang manurutnya asing. Kecuali jika mereka dibesarkan di rumah yang banyak tamu berdatangan silih berganti. Yang unik adalah, kucing ras ini juga senang bermain dengan kucing lain serta binatang-binatang lain termasuk anjing.
Jenis kucing ras ini memiliki harapan hidup sekitar 10-15 tahun jika mendapatkan perawatan yang baik. Kucing ini juga cenderung berbadan sehat dengan sedikit mengalami masalah kesehatan. Mereka tidak memiliki masalah berkaitan dengan genetik serta mereka cenderung tahan terhadap penyakit.
Berat badan kucing Russian Blue sekitar 3,5 hingga 7 kg ketika sudah tumbuh dewasa. Biasanya, ukuran tubuh kucing jantan lebih besar jika dibandingkan dengan ukuran tubuh kucing betina. Masa kehamilan kucing Russian Blue sekitar 65 hari.
Untuk masalah alergi kucing, konon kucing ini termasuk jenis kucing yang sangat sedikit menghasilkan alergen. Sehingga orang yang memiliki gejala alergi kucing dalam tingkat ringan hingga sedang masih dapat memelihara kucing ini. Dimungkinkan karena struktur bulunya yang lebat membuat alergen terperangkap dan terjaga di balik bulu mereka.
Beberapa orang percaya jika kucing ini dibawa oleh para pelaut pada tahun 1860-an dari Archangel Isle ke Inggris dan Eropa Utara . Kucing Russian Blue pertama kali terlihat di luar Rusia yaitu di Inggris, tepatnya di Crystal Palace pada tahun 1875. Namun saat itu kucing ini dikenalkan dengan nama "Archangel Cat".
Kucing ras ini dikembangbiakkan paling banyak di Russia dan Skandinavia hingga setelah Perang Dunia II. Pada saat itu karena jumlah Russian Blue terbilang sangat sedikit. Kucing tersebut kemudian juga disilangkan dengan kucing Siam.
Meskipun kucing ini sudah berada di Amerika sebelum Perang Dunia II, kucing Russian Blue yang berada di Amerika saat ini bukanlah kucing Russian Blue generasi pertama yang asli. Hal ini disebabkan karena breeder di Amerika sudah menyilangkan Russian Blue Skandinavia dan English Russian Blue untuk menghasilkan kucing Russian Blue yang dikenal saat ini di Amerika Serikat.
Kucing ini memang identik dengan warna biru-abu-abu dominan, tetapi pada tahun 1970-an seorang breeder Australi yang bernama Mavis Jones berhasil membiakkan Russian Blue berwarna putih yang kemudian dikenal sebagai Russian White. Kucing ini merupakan hasil dari menyilangkan kucing domestik dengan kucing Russian Blue. Russian White dan Russian Black kemudian diakui oleh organisasi kucing di Australia sebagai ras "Kucing Rusia". Meskipun demikian, CFA tetap tidak mengakui keberadaan variasi lain dari kucing Russian Blue.

Referensi : wikipedia