Pages

Kamis, 17 Januari 2013

Orlando, seekor kucing yang berhasil mengalahkan para manajer keuangan profesional dalam perdagangan saham di Inggris

Terbaru

Orlando, seekor kucing yang berhasil mengalahkan para manajer keuangan profesional dalam perdagangan saham di Inggris
Percaya atau tidak, ini adalah sebuah kisah nyata tentang betapa "cerdik" seekor kucing peliharaan bernama Orlando yang berhasil mengalahkan para pengelola keuangan profesional dalam hal mengelola keuangan selama tahun 2012.
The Observer melaporkan bahwa mereka menyelenggarakan sebuah kontes yang diikuti oleh 3 buah tim yang terdiri dari sebuah Trio manajer keuangan profesional, sebuah kelompok yang terdiri dari anak-anak sekolah, dan seekor kucing, dengan uang sebesar 5.000 pounds pada awal tahun 2012 lalu. Uang tersebut boleh digunakan untuk jual-beli saham di FTSE All-Share Index. 
Para manajer keuangan tersebut adalah Justin Urquhart Stewart dari Seven Investment Management, Paul Kavanagh dari Killick & Company (sebuah perusahaan broker saham), dan Andy Brough dari Schroders. Sedangkan kelompok anak-anak sekolah terdiri dari John Warner School di Hoddesdon, Inggris, dan sebuah komunitas institusional unutk anak-anak berusia 11-18 tahun. Kelompok terakhir adalah seekor kucing bernama Orlando.
Ketiga kelompok tersebut menggunakan uangnya untuk diinvestasikan pada saham 5 buah perusahaan yang diperdagangkan di FTSE All-Share Index. Dan setiap 3 bulan, saham tersebut boleh ditukarkan dengan saham lain.
Sungguh mengejutkan, di akhir tahun 2012 para profesional berhasil mengembangkan uangnya menjadi £5,176, anak-anak sekolah defisit menjadi £4,840, dan Orlando menjadi pemenangnya dengan membungakan uang menjadi £5,542. Pertanyaannya adalah, bagaimana kucing jantan tersebut dapat melakukannya???
Ketika para profesional memilih saham dengan metode dan teknik-teknik bersaham kelas tinggi yang mereka kuasai, ternyata kucing tersebut memilih saham dengan cara melemparkan mainan tikus kesayangannya ke sebuah grid untuk memilih ke perusahaan mana uangnya akan diinvestasikan.
Pada akhir bulan September 2012, para profesional mendapatkan profit sebesar £497, sedangkan Orlando hanya mendapatkan profit sebesar £292 dari sahamnya. Namun hal yang mengejutkan terjadi pada quarter terakhir tahun 2012, saham yang dipilih si kucing (sebuah perusahaan plastik) naik hingga 4.2% dan pada akhirnya si kucinglah yang mendapatkan profit tertinggi.
Jill Insley, pemilik Orlando, yang merupakan mantan Cash Editor pun membelikan kalung merah bagi kucingnya yang luar biasa tersebut sebagai hadiah atas keberhasilan si kucing "mempecundangi" para manajer keuangan profesional tersebut.

Referensi : guardian