Pages

Jumat, 18 Januari 2013

StickNFind, sebuah stiker pelacak bagi kucing kesayangan anda

Terbaru

StickNFind, sebuah stiker pelacak bagi kucing kesayangan anda
Saat ini teknologi tidak hanya diterapkan pada gadget canggih yang dipegang manusia saja loh. Beberapa perangkat perlengkapan hewan peliharaan juga mulai menggunakan teknologi abad 21 dalam akhir-akhir ini. Jika sebelumnya kita sudah membahas tentang Pintofeed, tempat makan kucing yang menggunakan teknologi WiFi, kali ini ada sebuah teknologi lain yang menggunakan teknologi tinggi untuk kucing peliharaan.
Teknologi ini bernama StickNFind. Sebuah stiker yang ukurannya hampir sama dengan kepingan uang logam yang dilengkapi dengan sensor panas, baterai, bluetooth, serta terhubung dengan sebuah aplikasi di smartphone. 
Dengan menempelkannya pada bagian tubuh si kucing (mungkin juga kalung si kucing), maka pemilik kucing dapat melacak dimana keberadaan kucing peliharaan mereka itu berada, selama si kucing masih berada dalam radius 61 meter.
Sebenarnya, teknologi ini tidak hanya dirancang untuk "melacak" posisi kucing peliharaan. Malahan sebenarnya lebih diutamakan dipakai untuk melacak posisi anak-anak anda, karena pada dasarnya ide pembuatan stiker canggih ini adalah pengalaman pribadi sang pendiri perusahaan tersebut, Jimmy Buchheim, yang pernah harus menutup satu area mall untuk mencari anak perempuannya yang berusia 3 tahun yang bermain petak umpet dengannya saat berbelanja.
Dengan adanya StickNFind ini diharapkan kejadian yang dialami oleh Pak Jimmy Buchheim tersebut tidak akan dialami oleh orang lain. Orang tua menjadi lebih mudah mengawasi anak-anaknya ketika berbelanja di sebuah pusat perbelanjaan, dan para pemilik hewan kesayangan akan lebih mudah menemukan posisi peliharaan mereka yang sering bersembunyi di dalam rumah.
Lagian siapa juga yang bisa meniru kekuasaan sebesar Pak Jimmy untuk menutup sebuah area mall hanya demi untuk mencari seorang balita yang bermain petak umpet??? ^_^

Referensi : bbc Indonesia