Pages

Selasa, 17 November 2020

Gangguan Kesehatan Telinga Kucing Bisa Dari Makhluk Kecil yang Menjadi Resiko Besar

Terbaru

Dokumen Pixabay

 Indera pendengaran makhluk hidup menjadi salah satu organ yang penting menghubungkan mereka dengan makhluk lain. Kemampuan telinga yang berguna untuk mendengar suara dari lingkungan sekitar, bisa memberi antisipasi dini bahaya yang akan datang serta sebagai komunikasi dengan sesama mereka.

Pemilih hewan pelihara yang merawat kucing, mungkin pernah mengalami problem yang hampir mirip pada hewan. Faktor yang dominan sebagai problem kucing bisa dari makhluk yang kecil dengan resiko yang bisa membesar.

Gangguan Kesehatan Telinga Kucing Bisa Dari Makhluk Kecil yang Menjadi Resiko Besar


Gangguan telinga kucing secara umum jarang terjadi pada mereka jika lingkungan dan tempat tinggal selalu bersih. Kendala utama pada hewan pemburu yang aktif menjelang sore atau malam hari adalah insting bawaan untuk berpergian ke suatu tempat yang tidak pernah bisa diketahui pemilik. Salah satu makhluk kecil yang bisa menjadi resiko untuk mereka, kecenderungan penyakit infestasi tungau telinga pada beberapa spesies hewan yang dibiarkan berkeliaran bebas masih sering terjadi. Tungau yang dikenal sebagai kutu telinga atau Otodectes cynotis bisa merayap dan menetap lewat penularan sesama kelompok spesies mereka. 

Tidak berlebihan jika satu parasit kecil masuk ke telinga kucing dan berkembang biak dapat menyebabkan kerusakan besar kecuali segera diusir dengan dibersihkan dengan benar.

Ciri yang menjadi tanda telinga kucing terinfeksi tungau


Cara mengobati tungau di telinga kucing

Ukuran tungau sangat kecil hingga sulit dilihat secara langsung tanpa bantuan peralatan khusus. Untuk melihat keberadaan tungau di kuping kucing atau hewan peliharaan, biasanya alat yang dipakai adalah otoscope yang bekerja dengan memasukkan ke saluran telinga penderita.

Masalah keterbatasan indera penglihatan mata secara langsung mengetahui tungau di telinga kucing dapat dilihat ciri dan tanda yang terjadi pada mereka.

Gejala umum telinga kucing terinfeksi tunggau bisa berbeda namun memiliki kemiripan yang hampir sama, diantaranya:

  • kucing atau hewan peliharaan akan menjadi sering menggaruk telinga mereka berlebihan, terutama pada bagian kuping tanpa berhenti
  • kucing atau hewan pelihara sering menggelengkan dan menggerakan kepala mereka
  • waktu yang cukup berkembang biak tungau dalam kuping hewan cenderung menimbulkan aroma yang tak sedap dengan bau khas berasal dari telinga
  • beberapa ciri yang menjadi gejala lebih besar, bagian telinga kucing yang terinfeksi tungau akan terluka

Jika Anda melihat kebiasaan kucing dengan ciri dan gejala lebih dari 2 faktor penyerta dan menduga ada serangan tungau telinga, pemilik kucing harus segera mencari dokter hewan terdekat untuk mendapat perawatan medis.

Tungau kuping yang berkembangbiak pada hewan pelihara, selain membuat ketidaknyamanan juga mengundang resiko besar lain. 

Deteksi ciri dan melakukan perawatan hewan dengan cepat akan mencegah penyakit telinga yang serius yang disebut otitis eksterna ( infeksi pada telinga luar).

Resiko lainnya yang akan dialami adalah kemungkinan tungau berkembang biak semakin banyak hingga ke telinga tengah dan dalam serta merusak gendang telinga. Artinya fungsi pendengaran mereka menurun dan bisa rusak permanen.

Cara mengobati infeksi tungau di telinga kucing


Hewan pelihara yang terindikasi kuat menderita kutu dari makhluk kecil yang berasal dari tungau sebaiknya memeriksa ke dokter hewan terdekat untuk mendapat penanganan kesehatan yang sesuai.

Beberapa kendala yang menjadi keterbatasan pemilik dan cat lovers yang bertempat tinggal jauh dari Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan), klinik hewan atau rumah sakit hewan terdekat masih dimungkinkan menyembuhkan dan mengobati infeksi tunggau kucing tersebut.

Anda bisa melihat Pet Shop terdekat yang menyediakan kebutuhan obat dijual bebas. Jelaskan dengan lengkap tentang usia kucing hingga riwayat penyakit yang mungkin ada pada kucing sehingga tidak menimbulkan efek samping saat digunakan.

Alternatif lain mendapatkan obat kutu tungau agar cepat sembuh adalah mencari di toko belanja secara online yang menyediakan kebutuhan obat bebas untuk masalah telinga kucing.

Jenis obat sakit telinga kucing memiliki merk terkenal yang bisa digunakan dengan cepat. Salah satu produk yang bisa Anda pertimbangkan adalah obat sakit telinga kucing yang bekerja membersihkan kutu hingga tungau di telinga mereka.

Harga obat sakit telinga akibat tungau yang terjangkau dengan variasi harga tidak jauh berbeda, bisa dibeli dengan harga kisaran Rp. 20.000 an atau sesuai daftar harga yang tertera.


Cara memakai obat tetes telinga Healthy Ears

Cara menghilangkan tungau dan kutu kucing

Cara memakai obat tetes telinga Healthy Ears untuk mengobati dan menyembuhkan kutu dan tungau hewan pelihara

Healthy Ears sangat cocok mengobati infeksi tungau pada kucing karena cara memakainya sederhana. Anda dan anggota keluarga hanya perlu meneteskan 2 tetes di telinga hewan dan membiarkan larut masuk bagian telinga mereka.

Selain bermanfaat mengobati kutu dan tungau pada kucing, hewan lainnya seperti anjing bisa juga memakai obat tetes Healthy Ears.

Manfaat memakai obat tetes telinga Healthy Ears yakni membersihkan infeksi telinga hewan dari bakteri, jamur, tungau hingga iritasi yang timbul di permukaan kuping mereka.

Kelebihan obat tetes Healthy Ears bisa mengobati peradangan telinga yang bengkak, bau tak sedap hingga cairan nanah yang disebabkan infeksi makhluk kecil.