Pages

Selasa, 18 Desember 2012

Kelebihan-kelebihan yang dimiliki kucing

Terbaru

gambar kucing tiduran di pagar
Bangsa kucing disebut-sebut sebagai predator paling hebat di bumi ini. Senjatanya lengkap, mulai dari cakar, gigi taring, kecepatan, dan kekuatan. Namun tahukah anda, ada beberapa kelebihan yang dimiliki oleh kucing yang tidak dimiliki oleh binatang lainnya??? Dan berikut ini adalah beberapa kelebihan yang dimiliki oleh kucing :

Kucing memiliki penglihatan yang sama hebatnya pada kondisi terang maupun gelap. Bahkan bisa dibilang penglihatannya pada kondisi gelap justru lebih hebat. Hal ini dikarenakan pada bagian belakang mata kucing terdapat tapetum lucidum yaitu sebuah organ yang kinerjanya menyerupai sebuah cermin. Organ ini akan memantulkan cahaya dalam intensitas kecil sekalipun untuk membantu si kucing melihat dalam gelap. Makanya kalau malam mata kucing terlihat seperti bersinar kalau terkena cahaya sedikit saja.
Meskipun kucing dapat melihat dalam gelap, tetapi sebenarnya kucing masih tetap butuh cahaya. Namun hanya sekitar 20% dari cahaya yang dibutuhkan manusia untuk melihat.

Kucing memiliki pendengaran yang sangat baik. Kemampuannya ini bahkan lebih baik daripada pendengaran anjing. Jika pendengaran anjing 5x lebih tajam dari pendengaran manusia, maka pendengaran kucing 2x lebih tajam dari pendengaran anjing.
Selain itu, daun telinga kucing juga bisa berputar hingga 180 derajat untuk mencari dimana sumber suara berada. So, dengan perpaduan kedua kemampuannya itu, kucing bahkan dapat menemukan posisi serangga yang bersembunyi di balik tembok.

Kucing juga memiliki keseimbangan tubuh yang luar biasa. Anda tentu tahu, jika kucing terjatuh dari tempat tinggi, pasti si kucing akan mendarat dengan posisi keempat kakinya berada di bawah. Kemampuannya ini didapatkannya karena di telinga kucing bagian dalam terdapat sejenis cairan yang akan membuat posisi kucing kembali pada posisi menghadap kebawah dengan sangat cepat. 
Ketika kucing terjatuh, cairan tersebut akan bergerak dengan sangat cepat dan membuat kepala kucing ikut berputar mengikuti posisi cairan tersebut yang kemudian diikuti oleh bagian tubuh lainnya. Sehingga kucing akan segera menemukan posisi seimbangnya dengan sangat cepat saat terjatuh.
Selain itu, ternyata keberadaan ekor kucing memiliki fungsi sebagai penyeimbang juga. So, jangan heran jika suatu waktu anda menemukan kucing anda dengan santainya tiduran di pagar rumah anda.

Referensi : kittykrafty