Pages

Rabu, 19 Desember 2012

Mengunjungi pulau kucing di Jepang

Terbaru

pulau kucing di Jepang
Tempat ini disebut sebagai kota kucing karena jumlah populasi kucing di sana lebih besar daripada jumlah manusianya. Namun sepertinya tempat tersebut lebih layak lagi kalau disebut sebagai pulau kucing, karena kota tersebut berada pada sebuah pulau tersendiri.
Beberapa hari yang lalu saya sempat menulis artikel tentang perkampungan kucing di Florida. Dan kini kita akan terbang ke Jepang, tepatnya ke Ishinomaki City, Perfektur Miyagi, Jepang untuk melihat-lihat pulau kucing atau yang lebih dikenal sebagai Cat Island.
Cat Island merupakan sebuah pulau dengan populasi kucing liar terbesar yang pernah teridentifikasi. Di sana terdapat ribuan kucing yang hidup tanpa majikan. Sebenarnya pada tahun 1950-an jumlah manusia yang menghuni pulau tersebut mencapai 1000-an orang, tetapi saat ini (setidaknya saat artikel ini ditulis) hanya ada sekitar 100 orang yang tinggal di sana.
Di pulau ini, kucing adalah satu-satunya predator tertinggi. Tidak ada anjing ataupun hewan lain yang dapat membahayakan si kucing. Oleh karena itu perkembangbiakan mereka nyaris tidak ada hambatan. Terlebih lagi dengan adanya kepercayaan jika memberi makan kucing di Cat Island akan membuat seseorang tersebut akan kaya dan beruntung. Maka kucing-kucing di sana akan sering mendapatkan makanan dari pengunjung yang datang ke pulau tersebut.
Di tengah pulau tersebut terdapat sebuah kuil kucing yang bernama Neko Jinja. Sementara di perfektur Miyagi sendiri terdapat sekitar 10 kuil kucing. Di pulau tersebut juga terdapat sebuah bangunan berbentuk kucing yang dibuat oleh seorang animator dan mangaka (pembuat manga/komik Jepang) yang bernama Shotaro Ishinomori. Sehingga pulau tersebut juga dikenal sebagai pulau Manga.
Referensi : mediaindonesia