Pages

Kamis, 20 Desember 2012

Solusi untuk beberapa masalah kebiasaan buruk si kucing

Terbaru

gambar kucing mecahin vas bunga
Memelihara kucing tidak hanya sekedar memberinya makan dan mengelus-elusnya saja. Orang yang baru pertama kali memelihara kucing pasti akan menemui beberapa hal 'buruk' yang sebelumnya mungkin tidak pernah mereka pikirkan. Mereka akan mengalami beberapa masalah seperti kucing yang buang air sembarangan, menggaruk-garuk perabot, dan mengeong terus. Nah berikut ada tips nih dari drh. Vici Eko Handayani, dari Animal Clinic Jakarta yang saya kutip dari preventionindonesia.com.

Masalah paling umum adalah susahnya melatih si kucing buang air di tempatnya. Konon 1 dari 10 ekor kucing mengalami masalah tersebut. Solusinya adalah :
  • Teruslah ajari si kucing buang air di kotak yang sudah anda siapkan.
  • Secara rutin gantilah pasir pada kotak tersebut setiap harinya.
  • Letakkan kotak pasir tersebut di pojokan yang jarang dilewati orang, karena si kucing cenderung ogah buang air di tempat yang sering dilewati orang.
Masalah berikutnya adalah tentang kebiasaan kucing menggaruk-garuk perabotan. Kebiasaan ini berhubungan erat dengan penandaan daerah kekuasaan, dan mengasah kuku. Tidak ada masalah jika tempat favorit mereka menggarukkan kuku mereka adalah di tempat yang "nggak penting". Namun terkadang tanpa merasa berdosa si kucing menggarukkan kukunya di perabotan kesayangan. Nah, untuk itu ikuti tips berikut :
  • Sediakan papan kayu untuk si kucing menggarukkan kukunya. Anda bisa menempatkannya di tempat semula perabotan anda yang digaruk-garuk, atau anda bisa juga melatih si kucing untuk membiasakan diri menggaruk di tempat yang sudah anda sediakan.
Kucing mengeong untuk memberitahu mjikannya kalau dia lapar, ingin diperhatikan, ataupun sakit. Namun jika kucing anda mengeong secara berlebihan bisa saja ada yang tidak beres dengan kondisinya. Solusinya adalah :
  • Coba berikan makanan yang baru yang masih segar aromanya.
  • Ganti air minumnya dengan yang baru.
  • Jika kedua cara di atas tidak berpengaruh, anda bisa segera membawanya ke dokter hewan, karena kadar tiroid dalam tubuh kucing yang tinggi dapat memicu kucing bertingkah seperti ini.
Sekedar tambahan dari saya, untuk masalah buang air sembarangan, kucing memang cenderung buang air besar di pojokan, atau sudut ruangan. Jadi posisi paling tepat untuk meletakkan kotak pasir adalah di sudut ruangan. Atau anda bisa juga melatihnya untuk buang air di kotak pasir yang diletakkan di luar rumah. Namun ini akan tidak baik untuk si kucing dan kebersihan rumah jika sedang musim hujan.

Untuk masalah garuk-menggaruk, anda juga bisa secara rutin memotong kuku si kucing agar tidak terlalu panjang. Namun jika anda memelihara kucing utnuk menangani masalah tikus di rumah anda, bukan untuk sekedar hewan kesayangan, sebaiknya jangan potong kukunya.

Untuk masalah mengeong berlebihan, ada beberapa kasus dimana justru si kucing bermaksud memberitahu kita kalau ada kebocoran gas di rumah kita, jadi tidak ada salahnya kalau kita mengecek kondisi tabung gas di rumah kita juga.