Pages

Jumat, 21 Desember 2012

Tips memberikan susu formula kepada bayi kucing

bayi kucing minum susu formula
Mungkin suatu waktu saat anda tengah berjalan pulang dari tempat kerja atau kuliah menuju rumah anda, anda menemukan seekor anakan kucing dengan muka memelas sendirian di pinggir jalan ditinggalkan induk dan saudara-saudaranya. Anda berusaha mengabaikannya dan terus melangkah maju, lalu anda mendengarkan suara meongnya yang mengetuk hati nurani anda, dan membuat anda berjalan kembali untuk mengadopsinya.
Yeah mungkin itu terdengar begitu "sinetron" sekali. Namun bisa saja itu terjadi pada anda. Nah, anak kucing yang belum bisa makan makanan yang bertekstur keras, tidak mungkin akan anda paksakan untuk menelannya bukan??? Anda harus memberikannya susu untuk asupan gizinya. Namun tidak semua susu bisa diterima oleh si anak kucing.
Nah, berikut ini ada tips untuk memberikan susu formula pada bayi kucing :
  • Belikan susu formula untuk bayi berusia 0 - 6 bulan (rendah Laktosa). Banyak tersedia di minimarket. Namun lebih baik lagi kalau dibelikan susu khusus kucing.
  • Seduh susu formula tersebut dengan takaran 3-4 sendok makan + 250-300 cc air hangat.
  • Anda juga bisa menambahkannya dengan sedikit mentega dan setengah sendok makan gula pasir.
  • Anda bisa menggunakan botol bayi untuk meminumkannya kepada si anakan kucing.
  • Susu tersebut hanya untuk satu hari. Kalau sehari tidak habis, ya buang, jangan diberikan lagi untuk keesokan harinya.
  • Perut kucing sangat cepat kenyang, tetapi juga sangat cepat lapar. Nah bijaksanalah dalam memberikan susu tersebut.
  • Berdasarkan pengalaman, si kucing akan menyusu hingga usia 2 bulanan. Setelah itu bisa anda stop susunya. Namun ini hanya pengalaman saya saja, secara lebih jelasnya anda bisa berkonsultasi dengan dokter hewan anda.
Referensi : beberapa sumber dan pengalaman sendiri
Credit image : gambarkucingimut