Pages

Minggu, 27 Januari 2013

Apakah kucing punya rasa Cinta???

Terbaru

Foto Taylor Swift dan kucingnya
Ilmu pengetahuan memberitahu kita kalau hanya manusia saja yang memiliki emosi seperti rasa cinta. Sementara binatang hanya memiliki insting. Seekor kucing baik kepada kita karena dia butuh kita untuk memberinya makan dan tempat tinggal. Kita memberi kucing apa yang mereka butuhkan, dan membuat naluri si kucing menjadi bersikap baik kepada kita.
Apakah benar siklus pertemanan antara kucing dan manusia seperti itu??? Kalau anda setuju dengan argumentasi diatas, berarti anda memang belum pernah memelihara kucing. Pada kenyataannya "Cinta" adalah salah satu hal yang tidak bisa dibuktikan dengan teori ataupun rangkaian kata.
Memangnya apa sih arti "cinta" yang tertulis di kamus besar bahasa Indonesia??? Apakah itu perasaan??? Apakah itu emosi??? Mungkin definisi cinta yang akan anda temukan dalam kamus besar tersebut antara  lain 'cinta adalah kasih sayang' atau mungkin 'cinta adalah kesetiaan'. Nah apakah kata-kata dalam kamus tersebut sudah mendefinisikan makna 'cinta' yang anda rasakan???


Jika iya, berarti kucing juga punya rasa cinta karena dia memiliki kesetiaan. Jika iya, berarti kucing juga memiliki rasa cinta karena dia bisa membuat kita merasa mendapatkan kasih sayang saat membelai bulunya.

Dengan "cinta" kucing lebih terlihat manusiawi daripada anjing

Seekor kucing akan melakukan apapun yang menurut mereka menyenangkan termasuk menyayangi pemilik yang menyayanginya juga. Oleh karena itu, beberapa orang mengatakan kalau sebenarnya kucing itu sama sekali tidak merasa bahwa dirinya adalah hewan peliharaan. Mereka memposisikan diri sebagai seekor 'teman'. Sebagai salah satu bukti paling jelas adalah kucing belum tentu datang saat dipanggil majikannya.

Beberapa orang membandingkannya dengan anjing tentang sifatnya ini. Apa jawaban pecinta kucing???

Ketika seorang anak berteriak memanggil ibunya yang berada di dapur dengan nada biasa, si ibu belum tentu akan langsung datang. Mungkin ibu akan bilang "tunggu sebentar!" tetapi tetap tidak datang-datang juga. Kecuali jika si ibu tahu anaknya dalam bahaya. So, apakah dengan demikian si ibu tidak sayang dengan anaknya??? Tentu si ibu sangat sayang kepada anaknya, hanya saja dia tahu waktu dan kondisi.


Saat kucing meronta ketika dipeluk, apakah itu tidak berarti kalau kucing tidak senang dengan pemiliknya??? Jawaban pecinta kucing adalah :

Ketika seorang ibu memeluk anaknya karena sangat kangen setelah pulang kerja, kemudian beberapa waktu kemudian si anak memaksa melepaskan diri dari pelukan sang ibu, apakah itu membuktikan kalau si anak tidak sayang dengan ibunya??? Tentu si anak sayang dengan ibunya, hanya saja dia tahu porsi sayang yang dia butuhkan.


Apakah kucing punya keterikatan dengan manusia???

Meski terkadang tidak datang saat dipanggil. Bukan berarti kucing adalah binatang licik yang hanya datang saat dia butuh saja. Dalam beberapa kasus seperti ketika majikannya meninggal, si kucing langsung berubah temperamennya. Dia jadi tidak nafsu makan, lemah, atau bahkan sakit. Menurut beberapa orang, ini adalah fenomena kucing patah hati.
Dan yang paling jelas mengenai keterikatan kucing dan pemiliknya adalah kasus Psi-trailing yaitu ketika kucing melakukan perjalanan yang sangat jauh melalui tempat-tempat yang belum pernah dia lalui hanya untuk menemui pemiliknya. Seperti kisah Holly yang menempuh jarak 200 mil selama 2 bulan untuk menemui majikannya yang membuat banyak ilmuwan tercengang. Dan sampai saat artikel ini ditulis (Januari 2013) kisah Holly masih terus menjadi sorotan, meski sudah jelas terbukti bahwa microchips yang tertanam di tubuh kucing tersebut dengan jelas menunjukkan kalau dia memang Holly.

Apakah kucing itu setia dan tanpa pamrih???

Mungkin kata 'setia' tidak terdengar begitu 'kucing banget'. Yah, itu benar jika anda pernah menyakiti kucing anda. Si kucing tidak akan kembali kepada anda jika anda pernah menyakitinya. Anda sendiri tentu akan melakukan hal demikian jika ayah anda memukul anda dengan keras, anda pasti lebih memilih kabur ke tempat paman atau sodara.
Lalu soal tanpa pamrih bagaimana??? Pernah mendengar kisah seekor kucing yang melawan 4 anjing pit bull untuk menyelamatkan majikannya??? Si kucing tahu satu ekor anjing pitbull saja dapat membunuhnya, tetapi dia mengambil semua resiko dengan melawan 4 pitbull sekaligus agar majikannya bisa melarikan diri dari anjing-anjing ganas tersebut.

Beberapa pemilik kucing juga mengatakan kalau kucing mereka seperti mengetahui kondisi emosi mereka. Saat mereka sedang marah, si kucing bersikap lembut dan menenangkan. Saat si pemilik sedih, si kucing datang menjilat air mata mereka. Lalu menurut anda apakah kucing memiliki emosi atau rasa cinta???

Referensi : petcentric