Pages

Senin, 28 Januari 2013

Mengenal Kucing Purba Xenosmilus

Terbaru

Gambar Kucing Purba Xenosmilus
Xenosmilus merupakan salah satu kucing purba berukuran besar yang merupakan bagian dari genus Machairodontinae atau kucing gigi pedang yang sudah punah sejak ribuan tahun lalu. Bisa dibilang Xenosmilus masih sodaraan dengan Smilodon yang sama-sama memiliki gigi pedang (saber-toothed cat).
Fosil dari kucing purba ini ditemukan pertama kali pada tahun 1983 (beberapa sumber ada yang bilang tahun 1981) oleh seorang pemburu fosil amatir di Haile limestone mines di Alachua County, Florida. Pada tahun 1994 fosil tersebut berhasil diteliti seutuhnya, dan dinyatakan sebagai genus baru. Fosil tersebut diperkirakan hidup pada jaman Irvingtonian (sekitar 1,8 juta hingga 240 ribu tahun yang lalu). Saat ini hanya kucing purba inilah satu-satunya yang dikenal dari spesies Xenosmilus hodsonae.
Diperkirakan panjang tubuh kucing purba ini sekitar 1,7 hingga 1,8 m dan berat badan antara 230 hingga 400 kg, dengan tubuh yang berotot. Sebelum fosil kucing perba ini ditemukan, semua kucing bergigi pedang hanya digolongkan dalam 2 kategori yaitu Dirk toothed cats yang memiliki gigi taring bagian atas lebih panjang dengan kaki yang kokoh, dan Scimitar toothed cats yang memiliki gigi taring tidak terlalu panjang dengan kaki yang lebih panjang dari dirk toothed cats.
Sementara Xenosmilus memiliki tubuh dan kaki yang kokoh ala Dirk Toothed cat, serta memiliki gigi taring yang tidak terlalu panjang ala Scimitar toothed cats. Sehingga kucing purba Xenosmilus digolongkan dalam spesies baru yaitu Xenosmilus hodsonae dari genus Xenosmilus.

Referensi : wikipedia