Pages

Jumat, 11 Januari 2013

Oscar si kucing bionik pertama di dunia

Terbaru

Oscar si kucing bionik pertama di dunia
Oscar yang ini bukanlah Oscar si kucing peramal kematian, melainkan Oscar si kucing dengan kaki bionik pertama di dunia. Kedua kaki belakang kucing berbulu hitam ini harus diamputasi dan digantikan dengan kaki buatan agar si kucing dapat berjalan kembali.
Oscar harus merelakan kedua kaki belakangnya diamputasi kemudian dibor untuk dipasangi sepasang kaki bionic agar dia bisa berjalan kembali setelah tanpa sengaja kedua kaki belakangnya tersebut putus akibat terkena kendaraan pemotong jagung. Kejadian ini terjadi sekitar pertengahan tahun 2010 di Inggris. Dia pun akhirnya menjadi kucing bionic pertama di dunia.
Operasi dilakukan oleh Surrey vet Noel Fitzpatrick. Sedangkan teknik implan kaki semacam ini dikembangkan oleh Universitas College London yang dipimpin oleh Prof. Gordon Blunn. Operasi itu sendiri menghabiskan dana sekitar 54 juta rupiah. Wow, demi seekor kucing pemiliknya rela merogoh kocek sedalam itu. Pasti dia sangat sayang kepada kucingnya.
Kelebihan kaki bionic ini dibandingkan dengan kaki palsu biasa adalah, meski kaki tersebut adalah kaki buatan, tetapi tulang dan kulit masih memungkinkan untuk tumbuh di kaki bionik tersebut. Menurut Dr Fitzpatrick, teknik implan ini adalah masa depan bagi dunia ortopedi.
Setelah empat bulan dari proses operasi implan tersebut, Oscar dikabarkan tidak hanya bisa berdiri saja, melainkan sudah bisa berlari. Dan kini namanya akan tercatat dalam sejarah sebagai Oscar si kucing bionik pertama di dunia.

Referensi : suaramedia