Pages

Jumat, 25 Januari 2013

Pepper, kucing cerdas yang membuka jendela dapur untuk mencegah kebakaran

Terbaru

Pepper, kucing cerdas yang membuka jendela dapur untuk mencegah kebakaran
Seekor kucing cerdas bernama Pepper menjadi pahlawan setelah menyelamatkan rumah pemiliknya dari kebakaran dengan membuka jendela rumah agar asap mengepul keluar dan diketahui oleh tetangga dan petugas pemadam kebakaran segera datang.
Saat itu pemilik dari kucing jantan berusia 5 tahun ini tengah belanja untuk keperluan Natal, kemudian Pepper yang mengetahui tengah terjadi kebakaran di rumah majikannya segera melompat ke jendela dapur, melepas pengaitnya lalu membuka jendela tersebut, sehingga asap yang  mulai mengepul keluar rumah dan dilihat oleh tetangganya. Alhasil, pemadam kebakaran segera datang dan memadamkan api sebelum api tersebut menyebar ke area yang lebih luas.
Kejadian tersebut terjadi pada hari Sabtu pada bulan Desember 2010 pukul 4 sore waktu setempat. Api berasal dari microwave yang di-set memanasi selama 10 menit ketika pemiliknya pergi keluar untuk berbelanja keperluan Natal.
"Kita memanasi sesuatu di dalam microwave dengan time setting 10 menit, lalu kami tinggal keluar sebentar untuk membeli keperluan Natal di kota." ungkap Sharon seperti dikutip dari dailymail.co.uk "Sebenarnya dompet saya ketinggalan di rumah pada saat itu, tetapi saya putuskan untuk tidak mengambilnya. Hingga kakak ipar perempuan saya yang juga tetangga rumah kami sekitar dua jam kemudian menelepon agar kami segera pulang ke rumah karena ada asap mengepul keluar dari dalam rumah kami, dan pemadam kebakaran sudah berada di lokasi."
Untungnya kebakaran hanya terjadi di dapur saja. Sehingga tidak terlalu banyak total kerugiannya. Stefan Belsten, salah satu petugas pemadam kebakaran di Devon mengatakan, kalau Pepper tidak membuka jendela, api pasti sudah membakar lebih banyak lagi. 
Dan setelah kejadian itu, Sharon dan keluarganya mengucapkan banyak terima kasih kepada tetangganya yang tidak mengabaikan kebakaran yang terjadi di rumahnya, dan tentu saja kepada Pepper yang membuat tetangganya tahu bahwa dapurnya terbakar.
Sharon White, dari Totnes, Devon, mengatakan kalau dia melihat si kucing mampu membuka jendela untuk pertama kalinya pada saat di rumahnya sedang ada acara makan malam bersama. Dan semua orang yang melihatnya benar-benar kagum. Dan sejak saat itu, Pepper menjadi langganan keluar masuk melalui jendela di bagian atas dinding dapurnya itu.
Pepper sendiri diadopsi oleh Sharon dan suaminya, Phil, yang seorang radiologist di Rumah Sakit Torbay, Devon, sejak empat tahun sebelumnya. Mereka mendapatkan Pepper dari tetangganya yang saat itu akan pindah rumah.
Menurut penuturan Sharon dan Phil, sebenarnya Pepper bukanlah kucing yang betah tinggal di dalam rumah. Tak jarang dia keluyuran dan tidak pulang hingga berhari-hari. Namun setelah dia menemukan cara membuka jendela dapur, dia menjadi benar-benar nomaden, yang pulang pergi seenaknya sendiri.

Referensi : dailymail