Pages

Sabtu, 15 Desember 2012

Tahu kah anda : kucing juga bisa bermimpi

Terbaru

gambar kucing tidur lucu
Jika anda sering memperhatikan kucing anda yang sedang tidur, anda pasti akan tahu betapa manisnya ekspresi wajahnya. Eh maaf, bukan itu yang ingin kami bahas. Maksud kami mungkin anda akan menemukan suatu waktu dimana kucing terlihat tiba-tiba mengeluarkan cakarnya seolah sedang akan menangkap mangsa, atau mengedip-ngedipkan mata seolah sedang gelisah. Apakah itu tandanya kucing sedang bermimpi???
Ternyata menurut penelitian, hal tersebut adalah reaksi dari mimpi yang dialami oleh si kucing. Hal ini pernah dibuktikan dengan ujicoba pada tikus oleh Dr. Matthew Wilson dan Kenway Louie dari Massachusetts Institute of Technology.
Dalam penelitiannya tersebut, mereka memasangkan elektroda mikro pada hipokampus, bagian otak yang berhubungan dengan proses memori, pada 4 ekor tikus ujicoba. Ternyata pada saat tidur, sesekali ditemukan bahwa gelombang otak yang dihasilkan oleh si tikus sama dengan gelombang otak saat beraktifitas.
Secara sederhananya, ketika si tikus sedang bermimpi dikejar-kejar kucing, maka gelombang otak yang dipancarkan oleh si tikus sama dengan ketika tikus tersebut benar-benar dikejar-kejar oleh kucing. Hal ini membuktikan bahwa ternyata hewan, seperti kucing dan tikus, ternyata bisa bermimpi. Lalu, buat apa kucing bermimpi??? Apakah kucing punya imajinasi???
Ada kemungkinan mimpi tersebut adalah cara mereka mengingat dan mempelajari sesuatu. So, mari bikin mimpi kucing kesayangan kita jadi indah dengan memperlakukannya dengan baik dan menyenangkan. ^_^

Referensi : kucingkita