Pages

Kamis, 18 Juni 2020

Gejala Deformitas Membuat Kaki Kucing Bengkok

Terbaru

Hewan peliharaan yang lahir sempurna tanpa cacat bawaan hingga memasuki masa dewasa adalah harapan majikan. Namun dalam kondisi tertentu, sebagian dari mereka bisa memiliki kelainan yang segera dikenali fisiknya.
Penyebab kaki kucing bengkok

Angular limb deformities

Angular limb deformities atau penyimpangan bentuk tulang dari kondisi normal, dapat terjadi pada kucing ketika memasuki fase kelahiran. Kelainan tulang yang rentan bisa terjadi terhadap kucing, rata-rata maksimal pada usia minggu ke 8.

Kucing peliharaan yang terlihat kaki bengkok pada usia muda tersebut, masih bisa berkembang maksimal meski tidak sesempurna kucing normal secara umum.

Tumbuh kembang kaki kucing bengkok sebelum usia dewasa sekitar 1 tahun, akan membaik selama kebutuhan gizi tubuhnya tercukupi. Dokter hewan terdekat yang memeriksa kucing kaki bengkok, kemungkinan akan memberi resep pengobatan terbaik sehingga hewan tidak selamanya memiliki tanda klinis seperti pincang dan sakit.

Gejala Kaki Kucing Bengkok


Gejala Deformitas Membuat Kaki Kucing Bengkok
Beberapa gejala yang terjadi pada kucing yang memiliki bentuk kaki bengkok, rata-rata menunjukkan tanda klinis terhadap pola tertentu. Mereka cenderung terlihat sering membungkuk dan bergerak tidak teratur.

Cara berjalan kucing tersebut yang terlihat nyaman, mereka dimungkinkan merasakan sakit sehingga mobilitas lebih terbatas. 

Untuk memastikan kesehatan kaki kucing bengkok, penggunaan radiograf dapat memperlihatkan kelainan tulang yang tak normal.

Gejala lain pada kaki kucing bengkok secara genetik yakni mereka seolah sulit melakukan aktivitas normal yang biasa dilakukan kucing umumnya. Tanda gangguan mobilitas ini terlihat pada kucing yang tak bisa berlari normal ataupun meloncat.

Penyebab Kaki Kucing Bengkok

Cacat fisik yang terjadi pada kucing sehingga menyebabkan kakinya tidak normal, tidak selalu dipengaruhi fase kelahiran dan gizi yang tidak sempurna.

Beberapa penyebab lain yang bisa berlangsung dan membuat masalah di bagian tungkai kaki mereka, diantaranya:
- meloncat terlalu tinggi
- mengalami kecelakaan dengan kendaraan
- terjepit hingga terinjak

Apakah kaki kucing bengkok bisa diobati secara mandiri ?

Sebagian besar hewan seperti kucing yang memiliki masalah tungkai kaki dalam kasus ringan, tidak memerlukan operasi medis. Umumnya cacat fisik secara genetik tersebut, diobati dengan metode pelatihan gerak yang direkomendasi dokter hewan dan memperhatikan berat badan yang ideal.

Pengaruh berat badan kucing yang obesitas, selain menambah tekanan pada tungkai kaki, dimungkinkan bisa memicu peradangan sendi dan membuat cedera.

Pada kasus kategori berat, kelainan kaki kucing sebagian besar bisa pulih dengan bedah dari spesialis dokter hewan.

Untuk mendapat informasi yang lengkap efek samping bedah tersebut, konsultasikan pada dokter hewan terdekat.

Vitamin terbaik untuk kaki kucing bengkok

Gejala Deformitas Membuat Kaki Kucing Bengkok
Banyak suplemen dan vitamin yang diformulasikan khusus kucing. Sebelum Anda memberikan pada hewan, konsultasikan terlebih dahulu cara pemakaian, efek samping dan pantangan yang mungkin ada selama perawatan kaki.

Umumnya ada 2 jenis vitamin yang bermanfaat membantu penyembuhan pada kaki kucing yang bengkok, yakni Vitamin C, D dan E.

Semoga artikel ini bermanfaat dan keadaan kaki kucing yang tidak normal tersebut segera pulih sesuai harapan Anda.

Sumber foto : Pixabay.com