Pages

Selasa, 10 November 2020

6 Arti Bahasa Tubuh Kucing untuk Cat Lovers

Terbaru


Cara hewan peliharaan kucing melakukan komunikasi memiliki keunikan yang perlu diketahui Cat Lovers. Alasan bahasa tubuh kucing perlu dipahami majikan, khususnya bagi pemilik belum lama merawat mereka. Dengan mengerti ekspresi perasaan mereka, Anda lebih mudah mengenali keinginan yang disampaikan dalam bentuk komunikasi.

Bahasa tubuh kucing bisa memakai postur tubuh mereka saat bertemu dengan manusia atau hewan lainnya. Mulai dari bentuk telinga, ekor, mata hingga badannya yang tidak biasa sebagai sinyal tertentu.

1. Bahasa tubuh telinga kucing dan artinya


Ilustrasi telinga kucing tegak (Dok Pixabay)

Salah satu cara kucing berkomunikasi dengan objek yang ditemui mereka adalah menggunakan telinga. Beberapa bentuk telinga kucing yang bisa kita amati, misalnya ketika mereka bertemu sesuatu yang baru, biasanya akan membuat telinga kucing lebih tegak mengarah ke depan obyek tersebut.

Obyek untuk kucing bisa berwujud benda, hewan lain ataupun manusia. Saat telinga kucing seperti ini, menandakan mereka memiliki rasa tertarik untuk mengenal lebih dekat obyek yang dilihat.

Arti telinga kucing yang lain menjadi bahasa tubuh mereka saat takut dan cemas, saat bertemu dengan benda, hewan lain atau manusia, bentuk telinga mereka akan menunduk ke belakang. Saat situasi semakin menekan mereka, ada 2 kemungkinan yang akan terjadi sebagai respon balasan. 

Yang pertama, kucing akan menjadi agresif dan mempersiapkan diri untuk berkelahi, kemungkinan yang kedua, mereka menjauh ke tempat yang lebih aman.

2. Bahasa tubuh mata kucing dan artinya


Ilustrasi bahasa tubuh kucing pada mata membesar (Dok Pixabay)

Bentuk mata kucing dapat menjadi ekspresi mereka ketika dalam situasi tertentu. Beberapa bahasa tubuh kucing melalui mata, ketika kelopak mata mereka membesar tiba-tiba.

Mata kucing yang membesar tiba-tiba saat bertemu sesuatu, mengindikasikan mereka mencoba meyakinkan diri untuk percaya situasi aman. Sifat kepercayaan yang sementara tersebut bisa berubah mengecil.

Saat mata kucing yang sempat membesar lalu semakin mengecil, menunjukkan mereka dalam keadaan terancam dan tidak nyaman dengan situasi yang di alami. Respons yang akan diberikan hewan tersebut kemungkinan akan lari atau sebaliknya semakin agresif.

3. Bahasa tubuh ekor kucing dan artinya


Ilustrasi ekor kucing dan artinya (Dok Pixabay)

Dalam masyarakat umum sangat sering melihat perubahan ekor dari kucing. Perubahan postur dan posisi ekor kucing tersebut ternyata memiliki bahasa tubuh yang perlu diketahui pemilik.

Salah satu bahasa tubuh kucing saat mengangkat ekor mereka, berarti mereka ingin mendapat perhatian yang lebih serius. Kucing akan mengangkat ekor mereka lebih tinggi sebagai sinyal untuk manusia, bahwa kucing tersebut merasa aman berada dekat Anda.

4. Bahasa tubuh kucing mengendus


Hewan peliharaan kucing memiliki indera penciuman yang tajam mengenali berbagai aroma dan bau secara spesifik. Kemampuan kucing yang sama pada hewan anjing membuat sebagian ras tertentu digunakan mendeteksi dan mengenali obyek secara tepat.

Saat kucing terlihat mengendus suatu tempat, mengartikan upaya mereka untuk mendeteksi kemungkinan kucing lain di sekitar area tersebut. Kebiasaan mereka selalu mengendus tempat, biasanya terlihat saat masuk wilayah baru atau untuk mengetahui cakupan wilayah kekuasaan mereka.

5. Bahasa tubuh kucing menggosok badan



Kebiasaan yang lain pada kucing adalah menggosok dan mengesek bulu mereka pada dinding atau tempat tertentu. Arti bahasa tubuh seperti ini menunjukkan mereka sedang memperluas wilayah kekuasaan di tempat tersebut. Kucing yang mengesek badan di dinding atau area sekitar akan meninggalkan aroma khas untuk penanda teritorial miliknya.

6. Bahasa tubuh kucing menggosok dan melilit badan pada manusia


Berbeda dengan mengesek dan menggosok bulu dan badan di dinding, kucing akan melakukan cara yang hampir mirip pada manusia. Saat kucing menggosok dan melilitkan badan ke manusia, berarti mereka ingin mengungkapkan rasa aman dan nyaman dekat dengan Anda.

Bahasa tubuh kucing yang seperti ini terkadang dibuktikan dengan aksi lain. Mereka kemungkinan akan ikut bersama Anda.

Banyak ekspresi yang ditunjukkan hewan peliharaan dalam melakukan komunikasi dengan hewan, benda hingga manusia. 6 bahasa tubuh kucing dan artinya yang sudah di jelaskan, hanya sebagian kecil yang biasa terlihat.