Pages

Jumat, 21 Desember 2012

Humphrey, kucing kepala pemburu tikus di rumah dinas Perdana Menteri Inggris yang penuh kontroversi

Terbaru

Humphrey, kucing pemburu tikus di rumah dinas Perdana Menteri Inggris yang penuh kontroversi
Kucing ini bernama Humphrey. Hidup pada tahun 1988 hingga Maret 2006. Kucing ini adalah seekor kucing luar biasa yang menjadi kepala pemburu tikus di rumah dinas perdana menteri Inggris yang terletak di Downing Street sejak Oktober 1989 hingga 13 November 1997.
Kucing ini bekerja di kantor tersebut setelah menjalani masanya sebagai seekor kucing jalanan selama 1 tahun. Dia bekerja dari sejak perdana menteri Margaret Thatcher, John Major hingga Tony Blair. Namun Humphrey pensiun setelah 6 bulan Tony Blair menjabat sebagai Perdana Menteri. Kucing tersebut merupakan pengganti dari kucing sebelumnya yang bernama Wilberforce.
Kucing tersebut pertama kali ditemukan oleh salah seorang pegawai kantor kabinet pada saat masih menjadi kucing jalanan dan kemudian diberi nama "Humphrey" untuk menghormati Sir Humphrey Appleby. Dan setelah kematian kucing penangkap tikus sebelumnya yang bernama Wilberforce pada tahun 1988, Humphrey ditunjuk sebagai penggantinya dan bekerja di kantor kabinet dan Number 10.
Dengan biaya pertahun hanya sekitar 100 poundsterling (dibayar dari kas kantor kabinet) yang digunakan untuk membelikan makanan, Humphrey termasuk penangkap tikus yang lebih baik daripada pengendali hama profesional yang disewa kabinet yang menghabiskan dana 4000 poundsterling dan tidak pernah berhaisl menangkap tikus. Atas kemampuannya itu, Humphrey pun pensiun sebagai seekor kepala penangkap tikus di kantor kabinet.
Selama bekerja sebagai penangkap tikus, Humphrey pernah beberapa kali terlibat masalah. Diantaranya pada November 1993, dia dikabarkan menderita sakit ginjal, dan mendapatkan sebuah program diet khusus. Sehingga orang-orang dilarang memberinya sembarangan makanan.
Pada 7 Juni 1994, Humphrey dituduh telah membunuh 4 ekor anak burung robin milik Perdana Menteri John Major yang diletakkan di bagian luar jendela kantornya. Namun akhirnya, sang Perdana Menteri membebaskannya pada hari berikutnya karena khawatir kalau hal itu hanyalah sebuah fitnah yang dikambinghitamkan ke Humphrey.


Pada tahun 2006, Seorang jurnalis yang bernama George Jones dari Daily Telegraph, menuliskan di media cetak bahwa Humphrey pernah menyerang seekor bebek di St. James's Park pada bulan September tahun 1994. Namun sekali lagi tulisan tersebut tidak berdasarkan bukti yang kuat.
Pada bulan Juni 1995, Humphrey juga sempat dikabarkan hilang. Dan pada 25 September 1995 sang Perdana Menteri menyatakan bahwa Humphrey sudah mati. Namun akhirnya dia ditemukan kembali di dekat Royal Army Medical College dimana dia dikira sebagai kucing liar yang tersesat dan diberi nama PC, kependekan dari "Patrol Cat".
Seminggu setelah Tony Blair menjabat sebagai Perdana Menteri dan tinggal di rumah dinasnya pada bulan mei 1997, ada labar yang mengatakan kalau istri sang Perdana Menteri yang bernama Cherie Blair tidak suka dengan Humphrey. Dilaporkan bahwa Nyonya Blair menderita alergi bulu kucing. Namun isu itu segera dibantah dengan munculnya foto sang istri Perdana Menteri bersama dengan Humphrey.
Pada bulan November 1997, pengasuh Humphrey, Jonathan Rees yang bekerja di Unit keamanan Perdana Menteri, menyatakan kalau Humphrey harus segera pensiun terkait masalah kesehatan ginjalnya. Namun banyak orang yang percaya kalau keputusan tersebut sebenarnya adalah akibat desakan dari istri Perdana Menteri.
Setelah pensiun, Humphrey diberitakan tinggal di rumah barunya bersama seorang pasangan tua yang tinggal di suburban London pada 13 November 1997. Keberadaannya tidak diumumkan ke publik dengan alasan agar kucing tersebut tidak menjadi sasaran penculikan. Sampai suatu ketika Conservative MP dan seorang penyayang binatang yang bernama Alan Clark menuntut bukti yang menunjukkan bahwa Humphrey memang masih hidup. Mereka curiga kalau sebenarnya Humphrey tidaklah pensiun melainkan mati ditembak mati atas perintah Nyonya Blair.
Kemudian pada 24 November 1997, beberapa orang wartawan dibawa ke sebuah lokasi rahasia di sebelah selatan London untuk menunjukkan bahwa Humphrey masih hidup. Beberapa foto yang diambil dilokasi tersebutpun dipublikasikan kemedia setempat untuk membuktikan kalau Humphrey masih hidup.
Setelah Humphrey pensiun, posisinya digantikan oleh seekor kucing yang bernama Sybil. kemudian karena Sybil mati pada bulan Juli 2009, pada tahun 2011 diangkatlah seekor kucing lagi yang bernama Larry.



Referensi : wikipedia