Pages

Senin, 25 November 2019

8 Cara Merawat Kucing Tetap Nyaman dalam Kandang

Terbaru

Kandang kucing yang dipersiapkan untuk hewan peliharaan di rumah, memiliki fungsi utama untuk membatasi mobilitas mereka untuk tujuan tertentu. Selain berbentuk permanen yang menawarkan keunggulan pada desain yang kokoh dan kuat, kandang kucing jenis lain bisa bersifat sementara untuk keperluan bepergian mereka dengan nyaman sekaligus tidak menganggu konsentrasi pengemudi jika memakai kendaraan sendiri.

Kebutuhan kucing terhadap kandang, baik model permanen maupun semi permanen sebagian besar diperlukan oleh majikan yang merawat mereka, umumnya jenis kucing ras lebih sering diberikan kandang untuk alasan kesehatan dan keamanan dirinya.

Cara merawat kucing tetap nyaman dalam kandang


Majikan yang merawat kucing mungkin pernah merasakan peliharaan miliknya sering terlihat tidak nyaman ketika dalam kandang. Hal ini mudah diketahui tuan dan sosok yang sering merawat mereka setiap harinya, tidak jarang ia jarang masuk ke kandang.

Perilaku kucing yang lainnya ketika tidak merasa nyaman tinggal di kandang, tidak jarang membuat mereka memilih tidur sembarangan dalam ruangan. Namun kebiasaan kucing yang tidur tanpa mempertimbangkan tempat tersebut tidak sedikit menimbulkan masalah baru dalam ruangan rumah, misalnya kemungkinan bulu rontok hingga bekas garukan mereka. Umumnya kucing sebagai hewan peliharaan di rumah dapat dimasukkan ke dalam kandang jika salah satu anggota keluarga Anda mempunyai masalah alergi terhadap bulu kucing atau pertimbangan lainnya, kucing yang dirawat tanpa pengawasan sering merusak peralatan dalam rumah akibat tidak ada yang melihatnya atau mencegah resiko mereka keluar dan hilang.

Oleh karenanya, Anda perlu tahu bagaimana 8 cara membuat kucing nyaman tinggal dalam kandang saat tidak ada yang mengawasi aktivitasnya.

1. Membuat Kandang Selalu Hangat.


Hewan peliharaan pada umumnya menyenangi tempat untuk tidur yang hangat dengan sirkulasi udara yang mudah berganti sehingga tidak menimbul rasa pengap. Selain memilih tempat untuk istirahat maupun tidur, beberapa kriteria lainnya dipilih oleh kucing rata-rata mencari keadaan dasar lebih lembut untuk menambah kenyamanan mereka.

Cara merawat kucing nyaman dalam kandang yang bisa Anda lakukan, misalnya menambahkan kain atau handuk untuk dijadikan dasar pada bagian alas mereka. Untuk menjaga kenyamanan tersebut tetap baik, periksa kebersihan kandang setiap hari dan mengganti alas yang dipakai mereka jika sudah kotor atau minimal setiap 1 bulan sekali.

2. Gunakan Kandang Sesuai Ukuran


Jenis kucing sebagai hewan peliharaan yang dirawat memiliki rata-rata panjang tubuh 25-50 cm. Memilih kandang kucing tanpa memperhatikan kenyamanan mereka, akan menyebabkan kandang yang telah dibuat atau dibeli menjadi sia-sia karena tidak pernah disukai kucing untuk dipakai istirahat maupun tidur.

Jenis kandang kucing yang sering ditemukan dan dijual di petshop atau di toko kebutuhan khusus hewan, didesain secara khusus untuk 1 ekor per kandang. Jika di rumah terdapat lebih dari dua ekor, disarankan untuk menyediakan masing masing kandang sesuai jumlah hewan peliharaan.

3. Pilih Tempat yang Tepat


Cara merawat kucing tetap nyaman dalam kandang memiliki kaitan penting terhadap letak kandang peliharaan. Jika majikan meletakkan kandang kucing secara sembarangan tanpa memperhatikan kenyamanan mereka, sering membuat hewan enggan tinggal untuk istirahat maupun tidur didalamnya. Misalnya, kriteria aliran udara yang baik mudah berganti, letak kandang kucing menjadi penting agar tidak terkena langsung dari sinar matahari.

4. Meletakkan Beberapa Mainan

Kucing yang banyak tinggal dalam kandang sepanjang tidak terdapat orang untuk mengawasi mereka saat bermain dan melakukan kegiatan lainnya, saat ditempatkan dalam kandang mudah menjadi bosan. Untuk mencegah dan mengurangi hal tersebut, majikan yang merawat merawat mereka disarankan meletakkan beberapa jenis mainan yang bisa digunakan untuk hiburannya. Jenis mainan kucing tersedia di banyak petshop dengan variasi yang dapat disesuaikan berdasarkan kebutuhan mereka. Mulai dari jenis mainan tiang cakar, kotak mainan menyelesaikan masalah dengan hadiah makanan, hingga mainan untuk meloncat.

5. Makanan dan Minuman

Akses makanan dan minuman dalam kandang kucing sangat penting diperhatikan majikan. Jika Mereka memiliki jadwal tertentu memperoleh makanan untuk diet sehat sekaligus mencegah dimakan sekaligus saat diberikan sekaligus, umumnya konsumsi terbagi 2-3 kali jatah makan setiap harinya.

6. Kandang Memberi Keleluasaan Bergerak


Kandang kucing yang simpel dan praktis sebagian besar didesain sesuai dengan ukuran kucing rata-rata memudahkan mereka bergerak bebas berputar ataupun selonjoran.

7. Tersedia Pintu


Cara merawat kucing tetap nyaman dalam kandang bisa berbeda untuk jenis kandang yang digunakan. Pintu pada kandang permanen sering terbuka dan jarang digunakan untuk menutup jika tidak dipakai dalam kondisi khusus, namun jenis kandang yang berfungsi ganda yang digunakan sebagai tempat membawa kucing mengunjungi dokter hewan ataupun pergi ke suatu tempat, jenis pintu yang kokoh sangat perlu diperhatikan untuk mencegah mereka terlepas.

8. Kebersihan Kandang


Cara merawat kucing dalam kandang tentunya tidak terlepas pada kebersihan kandang dan sekitarnya. Minimal 2 kali dalam sehari atau terlihat kotor, lakukan pembersihan agar tidak mempengaruhi kesehatan hewan peliharaan.