Pages

Minggu, 24 November 2019

Cara Mengetahui Umur Kucing Menurut Umur Manusia

Terbaru

Pemilik kucing yang memelihara mereka, pada umumnya dapat mengetahui umur hewan peliharaan berdasarkan usia kelahiran mereka atau memperkirakan dengan cara hitungan yang ada secara rata-rata. Ternyata usia yang dimiliki kucing mempunyai perbedaan yang cukup jauh jika memakai tahun yang sama sebagai patokan tahun manusia. Sedangkan pemilik yang mendapat kucing kurang jelas, cara mengetahui umur kucing ini bisa dengan beberapa cara mudah.


Cara Mengetahui Umur Kucing Anda

Cara mengetahui umur kucing menurut umur manusia, jika berdasarkan rata-rata tahun yang sama, memiliki perbedaan yang cukup signifikan, hewan sebagian besar lebih cepat dewasa pertambahan usianya dibanding manusia berumur sama karena tumbuh kembang yang beda tiap periode tertentu.

Sebagian besar masyarakat sering menilai, mengukur umur kucing agar sama seperti umur yang dipakai manusia, pada umumnya dengan mengalikan usia mereka dengan bilangan 7, hasil yang diperoleh tersebut kurang lebih menerangkan berapa usia mereka saat ini.

Usia kucing cenderung lebih dewasa dan mengalami penuaan lebih cepat dibanding dengan manusia. Umumnya, mereka mulai dewasa dianggap dewasa sejak 1-2 tahun dari kelahirannya. Sementara pada proses memasuki usia tua, kucing cenderung mengalami keterlambatan dibanding dengan manusia.

Misalnya, jika Anda ingin lebih lengkap cara mengetahui umur kucing yang dinilai dewasa setelah 1 tahun pertamanya, saat itu usia mereka sudah sekitar 15 tahun jika memakai pengukuran tahun yang sama untuk manusia. Setelah memasuki usia 2 tahun, maka umur kucing tersebut sama dengan 24 tahun yang dimiliki manusia

Uniknya proses hitungan cara mengetahui umur kucing selanjutnya, ketika usia melewati 2 tahun, maka perubahan hitungan  lebih lambat. Yakni 4 tahun setiap bertambahnya usia kucing dalam hitungan tahun yang sama digunakan manusia. 

Cara mengetahui umur kucing setelah usia 2 tahun berikut, misalnya hewan sudah berumur 2 tahun, angka 24 umur manusia ditambah 4 setiap tahun. Jika kucing 3 tahun, kurang lebih usia mereka masuk umur 28 tahun manusia.

Jika Anda menghitung usia mereka yang berumur 4 tahun (setelah 2 tahun pertama), maka kucing tersebut sudah 32 tahun dengan tahun yang sama digunakan manusia.

Cara lain mengetahui umur kucing


Selain menggunakan hitungan rata-rata yang sudah dijelaskan diatas, ada cara lain untuk mengetahui umur hewan peliharaan tersebut dengan akurasi yang lebih tinggi, yakni dengan memeriksakan mereka ke dokter hewan atau veteriner.

Beberapa persamaan dan perbedaan usia kucing dengan manusia

Anak kucing diperkirakan tumbuh gigi susu pada usia mereka di minggu ke 3 dan pertumbuhan gigi menjadi permanen dan kuat hingga memasuki usia dewasa. Jika kucing tersebut telah memiliki gigi lengkap, diperkirakan usia mereka saat itu sudah 15 tahun seperti yang dialami manusia di tahun yang sama.

Kucing akan mengalami proses perubahan warna gigi menjadi kuning yang diperkirakan pada usia 2 tahun dengan tanda timbulnya karang gigi dan penyakit terkait mulut, seperti peradangan gigi dan lain sebagainya pada tahun ke 3-4 tahun.

Berbeda dengan kucing yang kurang diperhatikan kesehatan gigi mereka, mereka mudah mengalami resiko penyakit gigi di usia 3-7 tahun. proses usia tua seekor kucing mulai terjadi di tahun ke 7-10 tahun dengan beberapa gejala yang terjadi seperti gigi copot atau kekuatan gigi mulai hilang sehingga mudah lepas.

Sementara ada perbedaan untuk jenis kucing jika menilainya dari fisik, misalnya seekor kucing muda cenderung memiliki bentuk badan dan otot yang lebih ideal dibandingkan kucing berusia tua dengan tanda otot dan tubuh yang terlihat kendur dan terlihat muncul tulang belikat. 

Beberapa indikasi lain yang bisa dijadikan penilaian cara mengetahui umur kucing, yakni memperhatikan kondisi kesehatan mantel bulunya, seperti tingkat kehalusan dan kasarnya yang biasanya disertai dengan tanda lain pada penyakit seperti peradangan sendi, kemampuan penglihatan mata dan suara yang bisa berbeda menjadi berat dan serak.

Kredit gambar Pixabay.com, Pexels.com