Pages

Minggu, 24 November 2019

Harga dan Cara Merawat Kucing Ragdoll

Terbaru

Ras Ragdoll salah satu jenis kucing dengan ukuran tubuh yang besar dengan kemiripan seperti kucing Maine Coon dan Ras Norwegian Forest. Ia pernah tercatat sebagai kucing terbesar dalam The Guinness World Records hewan terbesar untuk ras kucing di dunia.

Mengutip laman Cat Fanciers' Association, kucing Ragdoll memiliki rata-rata berat badan antara 7-9 kg. Mereka dari persilangan peternak kucing Persia dengan kucing Birman, asal Amerika Serikat.


Tahun 1971, kucing Ragdoll memiliki asosiasi secara khusus untuk pecinta dan peternak ras yang memiliki minat sama menjaga standar hewan peliharaan tersebut. Selain menjadi tempat berbagi informasi cara merawat kucing ragdoll, juga tempat pelatihan peternak yang ingin mendalami kehidupan ragdoll dari ahli hewan secara langsung.

Harga Kucing Ragdoll


Harga kucing ragdoll masuk kelompok menengah secara rata-rata jika Anda berminat membeli mereka di petshop atau di peternak terpercaya yang memelihara mereka.

Jenis kucing ragdoll tanpa sertifikat kelahiran dan silsilah keturunan induknya, usia yang tidak spesifik, tanpa memperhatikan breed quality atau top quality, cenderung lebih murah dengan beberapa kemungkinan hewan jenis campuran hasil persilangan dengan kucing domestik atau lokal.

Mengutip dari beberapa sumber yang mencantumkan harga kucing ragdoll sebagai biaya yang perlu dikeluarkan , berikut daftar harganya.


  • jantan dibawah 1 tahun Rp. 3.500.000-5.500.000
  • jantan diatas 1 tahun Rp. 2.000.000-3.500.000
  • Betina mixdome Rp. 1.000.000-2.000.000
  • Anakan Rp. 2.000.000-3.500.000
  • Harga ragdoll ped,Rp 5.000.000-7.000.000
  • Harga ragdoll breed quality, Rp. 10.000.000-15.000.000


Ciri-ciri Kucing Ragdoll


Mantel bulu kucing Ragdoll memiliki beberapa pola variasi berbeda di tengah masyarakat. Asosiasi hewan kucing hanya mengakui ras hewan peliharaan ini pada 4 pola mantel bulu, seperti bi-color, van, mitted dan point.

Ia memiliki tanda khusus yang mudah untuk dikenali, selain dari badannya yang besar dengan berat badan minimal 7 hingga 9 kg atau bisa lebih berat lagi.

Kelebihan lain yang terdapat pada mereka adalah warna mata kebiruan yang cenderung oval.

Proses induk kucing mengandung bayi kucing ragdoll dan melahirkan, mulanya bulu anakan masih polos warna putih. Menjelang masa dewasa, bagian mantel bulu mulai menunjukan perubahan ke warna lain yang cenderung makin gelap.

Cara Merawat Kucing Ragdoll


Cara merawat kucing ragdoll sebagai ras kucing ukuran besar membutuhkan kejelian karena mantel bulu mereka tidak terlalu panjang atau pendek. Umumnya peliharaan ini masuk dalam jenis kucing semi longhair yang mampu mandiri menjaga kebersihan badannya.

Ciri-ciri mereka yang mempunyai bentuk dada lebar dengan pangul cukup besar dan berat yang lebih dari rata-rata kucing yang lain, cara perawatan bulu mereka menjadi prioritas pertama selain memperhatikan pakan seimbang untuk kesehatan.

Kepribadian mereka yang sudah dikenal jenis kucing yang senang bermain, perilaku tenang dan jarang mengeong keras sehingga tidak merepotkan jika tinggal dalam lingkungan padat.

Perawatan mereka untuk harian dengan nutrisi berkualitas tinggi untuk mencegah mantel bulu tidak kusam dan rontok, yakni dengan mengatur pola makan diet sehat agar resiko Kegemukan hingga obesitas dapat dicegah.

Karakter umum kucing Ragdoll sebagai salah satu peliharaan cukup aktif, mereka memiliki sifat ramah dan mudah akrab terlibat permainan yang menyenangkan.

Memanfaatkan kelebihan yang dimiliki mereka, Anda bisa mengontrol berat badan dengan meluangkan waktu bermain dan mengajar trik lewat pelatihan tertentu.

Perawatan Anak Kucing


Mempersiapkan Rumah yang nyaman dan aman bagi hewan peliharaan sangat perlu dilakukan lebih awal sebelum membawa anak kucing ragdoll ke dalam rumah. Misalnya memeriksa peralatan yang bisa membahayakan karena sifatnya penasaran dan nakal, seperti jenis kabel listrik dan menyimpan benda yang mengandung zat cairan berbahaya dan barang mudah mudah di tempat yang lebih aman terkunci.

Anak kucing yang dibeli di pet shop atau peternak ketika pindah ke rumah baru, harus memperkenalkan anak kucing Anda ke semua hewan dan penghuni di rumah sebagai awal sosialisasi. Standarnya anak kucing tersebut akan berada di ruang terpisah dengan tidak mencampurkan langsung dengan hewan lain sekitar 2 minggu. Isolasi awal pada kandang tersebut berlaku setiap membawa anggota baru jenis kecil maupun sudah dewasa.

Umumnya hewan yang akan menjadi calon anggota baru mampu mendeteksi aroma yang berbeda dengan rumah pertama kalinya. Sehingga interaksi pertama pengenalan aroma di ruangan, selain memperkenalkan aroma anak kucing yang baru agar terbiasa dengan pendatang baru, sekaligus memberi pengalaman bagi anak kucing itu sendiri.


Karena anak kucing Anda akan berada di ruangan yang berbeda setidaknya selama dua minggu. Pastikan menyediakan sarana pendukung yang mudah di akses mereka selama dalam pengenalan, misalnya kotak untuk buang kotoran, ketersediaan makanan dan minuman secara konsisten dan jenis pendukung lain yang diperlukan.

Untuk memilih kotak kotoran dan kotak pasir, gunakan tips yang Anda dapat dari petshop atau peternak yang memberi rekomendasi jenis kotak pasir lebih besar, mengingat kucing Ragdolls memiliki ukuran lebih besar dari hewan rata-rata.

Peralatan dasar untuk kucing ragdoll

Tempat Makanan dan Mangkuk Air

Jika Anda ingin melanjutkan cara merawat kucing ragdoll seperti yang telah diterima mereka dari petshop atau peternak, maka ketepatan waktu dan jenis makanan yang digunakan harus sama seperti yang direkomendasikan atau menurut saran dokter hewan Anda. Jika Anda mengganti makanan mereka, harus melakukannya perlahan-lahan, seperti contoh, perubahan pakan makanan dilakukan bertahap sebagai pengenalan dan sosialisasi pada rasa, bentuk dan lain-lainnya agar tidak menyebabkan masalah pencernaan jika mereka tidak cocok.

Pilihan seperti mangkuk air juga penting. Anda tentunya menginginkan tempat makanan dan minuman mereka selalu baik dan tidak terbalik sehingga menyulitkan mereka saat mencari makanan dan minuman disaat Anda tidak di rumah. Gunakan dan pilih tempat yang stabil sehingga tidak mudah tumpah dan terbalik.

Mainan
Anda dapat menanyakan jenis mainan yang paling cocok untuk anak kucing ragdoll.

Kandang

Kandang kucing diperlukan untuk istirahat atau berpergian. Ada 2 jenis kandang kucing yang bisa Anda pertimbangkan untuk dimiliki, yakni jenis permanen untuk dalam ruangan rumah dan jenis mobile yang menawarkan kemudahan, kepraktisan membawa kucing ragdoll pergi ke suatu tempat.

Tempat Tidur
Anda sudah membelikan tempat tidur yang nyaman untuk kucing ragdoll namun cara merawat kucing adalah menyertakan tambahan sejenis handuk kecil di bagian bawahnya atau membeli tempat tidur kucing bundar karena umumnya kucing suka tidur di tempat tidur bundar.

Vaksinasi

Cari tahu jadwal vaksinasi yang terdapat di kota Anda dengan berkunjung ke Puskeswan dan rumah sakit. Anak kucing dalam usia yang cukup akan memerlukan vaksinasi. Mintalah penjelasan jenis vaksinasi yang harus dilakukan kucing ragdoll Anda agar terhindar dari infeksi bakteri, kuman dan jamur.