Pages

Selasa, 17 Desember 2019

Alasan Kucing Hamil Perlu Makanan Berkualitas

Terbaru

Masa kehamilan salah satu peristiwa yang jarang terjadi setiap harinya. Ketika hewan peliharaan yang belum mendapat sterilisasi, maka kecenderungan mereka mengandung setelah masa kawin mudah terjadi kapan saja.

Pemilik peliharaan yang benar-benar memperhatikan kondisi kesehatan kucing, tentunya menyadari bahwa pakan makanan kucing berkualitas tinggi yang dikonsumsi dengan benar, sangat penting mendukung periode kehamilan hingga menyusui.

(Sumber suara.com)


Induk kucing yang bermasalah dengan nutrisi karena tidak cukupnya gizi dan vitamin diperlukan tubuh, umumnya malnutrisi sebagian besar beresiko mengakibatkan berat bayi lahir menjadi rendah. Lebih dari itu, pengaruh malnutrisi yang terjadi pada induk kucing hamil dapat juga membahayakan mereka dilihat dari kondisi kesehatan.

Selain mempengaruhi peluang kelangsungan hidup yang makin menurun untuk induk kucing hamil maupun anaknya menjadi berkurang, dengan memberi makan optimal sesuai anjuran dokter hewan bagi ibu dan anak-anaknya dapat mencegah hal serius yang tidak diinginkan, khususnya masalah yang ditimbulkan karena nutrisi.

Beberapa Alasan Kucing Hamil Perlu Makanan Berkualitas

- meningkatkan energi dari kalori untuk pertumbuhan anak kucing dan produksi ASI untuk ibu
- meningkatkan asupan nutrisi seperti protein untuk pertumbuhan dan perkembangan anak kucing selama masa kehamilan
- menjaga kondisi kesehatan induk kucing hamil tetap stabil
- tersedianya supplier mineral dan gizi seperti kalsium, fosfor selama proses pembentukan tulang dan organ lainnya untuk anak kucing
Kecernaan tinggi untuk menyediakan lebih banyak kalori dalam jumlah makanan yang lebih sedikit

Kucing hamil memerlukan perhatian ekstra dari pemiliknya, khususnya terhadap kebutuhan kalori, nutrisi, protein selama mengandung dan menyusui.

Saat induk kucing sedang hamil, maka peningkatan kebutuhan terhadap energi dari kalori yang didapatkan melalui makanan menjadi sangat tinggi.

Cara merawat kucing hamil terhadap makanan berkualitas meningkat hingga masa menyusui, diperkirakan induk kucing sedikitnya perlu 2-6 kali lipat kebutuhan energi kucing dewasa yang sehat.

Memilih Makanan Sehat untuk Kucing Hamil


Ada banyak jenis makanan sehat yang bisa diberikan bagi kucing hamil hingga menyusui. Langkah pertama yang Anda perlukan jika kurang paham jenis makanan yang paling tepat, adalah melakukan konsultasi dokter hewan, klinik atau rumah sakit hewan untuk mendapat rekomendasi yang tepat.

Secara keseluruhan kucing hamil sangat penting diberikan makanan yang di formulasi khusus, menyesuaikan kondisi kesehatan induk kucing.

Pemilihan pakan makanan yang tepat untuk kucing hamil atau menyusui menggunakan nutrisi yang dibutuhkannya, juga mendukung perkembangan anak-anak kucing menjadi lebih sehat selama kehamilan.




Bicarakan dengan dokter hewan Anda tentang rekomendasi makanan untuk kucing hamil atau menyusui Anda.

Tujuan dari pemberian makan berkualitas tinggi untuk kucing hamil dengan tepat, selain mendorong kesehatan reproduksi menjadi lebih optimal, sehingga meningkatkan kesehatan induk dan anak kucing.

Selain masa kehamilan dan melahirkan serta menyusui anak kucing, umumnya kesehatan anak kucing saat memasuki periode penyapihan dapat lebih baik saat induknya sehat.

Kemudahan konsepsi, resiko angka kematian janin dan neonatal yang rendah yang ditandai dengan kelahiran normal tanpa masalah, akan membuat pertumbuhan anak kucing sehat menjadi lebih sempurna.

Kucing hamil yang diberikan nutrisi yang cukup selama reproduksi memiliki implikasi kesehatan jangka panjang bagi keturunannya. Seperti memperoleh sistem kekebalan tubuh seumur hidup dari induk kucing setelah masa menyusui yang tercukupkan nutrisi.

Diagnosis kehamilan.


Kehamilan biasanya berlangsung selama 58-70 hari. Salah satu indikator awal keberhasilan pembiakan adalah kenaikan berat badan yang stabil yang dialami kucing hamil.

Hal tersebut dinilai dari jumlah makanan per hari tidak berubah, namun berat badan meningkat secara perlahan hingga proses kelahiran. Beberapa periode hewan peliharaan tersebut memiliki pola yang agak berbeda dari kebanyakan spesies lain.

Umumnya, sebagian besar spesies lain mulai mengalami peningkatan berat badan sepertiga pada akhir kehamilan dan asupan energi meningkat.

Nutrisi yang tidak cukup sesuai kebutuhan yang diperlukan induk kucing, dapat menyebabkan resiko kegagalan selama masa kehamilan, masalah serius lainnya terhadap janin, hingga keadaan anak kucing yang lahir dengan berat badan kurang.

Sementara bagi kucing hamil itu sendiri saat berat badannya kurang, beberapa gangguan seperti produksi laktasi yang buruk dan ketidakmampuan mempertahankan kondisi kesehatan tubuh tetap baik, menyebabkan mereka mudah sakit.

Efeknya bisa diduga merembes kepada janin selama masa kehamilan, selain mengurangi kemampuan sistem kekebalan tubuh anak kucing untuk hidup.

Di sisi lain, hewan peliharaan dalam kondisi obesitas memiliki efek negatif yang hampir sama pada hasil kehamilan dan masalah terhadap anak kucing. Seperti kemungkinan tidak mampu melahirkan dalam keadaan selamat (distosia) hingga proses persalinan yang sulit karena tubuh yang kegemukan.

Salah satu perubahan terpenting dalam kebutuhan nutrisi kucing hamil dan menyusui adalah peningkatan kebutuhan terhadap kalori, protein, vitamin. Meski terdapat banyak nutrisi penting diperlukan selama kehamilan induk kucing.

Energi yang diperoleh dari makanan seringkali merupakan nutrisi yang paling penting didapatkan mereka.

Ketika kucing hamil memasuki periode laktasi, tahap tersebut merupakan bagian yang paling besar memerlukan energi sepanjang kehidupan kucing.