Pages

Kamis, 26 Desember 2019

Cara Cepat dan Alami Menghilangkan Kutu Kucing

Terbaru

Gangguan kesehatan yang umum terjadi pada hewan peliharaan berbulu adalah mudahnya mereka mengalami bulu rontok hingga penularan kutu. Ketika salah satu dari mereka punya kebiasaan bermain sembarangan, menjadi penyebaran kutu cepat menular diantara kucing sehat lainnya.

Anda mudah mengenali mereka ketika kutu bersarang dibadannya, perilaku seperti menggaruk badan secara tidak wajar bahkan bisa menjadi serius jika tidak diobati. Rasa gatal yang timbul akibat gigitan kutu kucing tersebut, selain beresiko menyebabkan kulit menjadi lecet dan luka, kondisi yang berlarut memicu bulu menipis.
cara membasmi kutu kucing
(Kredit photo kunucats.blogspot.com)

Masalah yang lain ketika hewan berbulu ini berkutuan, kutu yang terdapat dari kucing dapat juga menggigit manusia. Cara cepat dan alami menghilangkan kutu kucing tersebut diharapkan mengembalikan kesehatan hewan dan kenyamanan anggota keluarga.

Tips cepat dan alami menghilangkan kutu kucing

Membasmi kutu kucing dengan shampoo anti kutu


Cara yang mudah dilakukan majikan terhadap kutu kucing adalah membeli sampo anti kutu yang spesifik untuk hewan kucing. Anda dapat menggunakan beberapa kombinasi lain sesuai rekomendasi dokter hewan, misalnya salep atau krim yang ramah untuk mereka.

Memanfaatkan minyak telon

Aroma khas dalam minyak telon salah satu cara mengusir kutu agar pergi dari badannya. Cara memanfaatkan minyak telon untuk mereka dengan mengoleskan atau mencelupkan pada sisir kutu dan menyisir secara perlahan di badannya.

Saat memakai minyak telon membasmi kutu kucing, jaga supaya tidak terjilat oleh mereka sehingga tidak beresiko yang lain. Minta bantuan orang lain lebih memudahkan proses penyisiran kutu di badannya. Setelah selesai melakukannya, bersihkan dengan cara memandikan kucing menggunakan sampo anti kutu.

Campuran perasan lemon dan air

Mirip dengan minyak telon yang terdapat aroma tidak disukai kutu, campuran perasan lemon dengan air yang direbus bisa dipakai dengan botol semprotan. Cara menghilangkan kutu kucing dengan trik ini lebih murah dan bisa dimanfaatkan kembali setelah cairan dalam botol habis.

Memakai sari cuka apel

Jenis bahan cepat dan alami lain sebagai cara membasmi kutu kutu adalah dengan sari cuka apel. Penggunaannya dengan mencampurkan air dan dimasukkan dalam botol semprot.

Obat semprot khusus kutu kucing

Pilihan yang efektif jika Anda sibuk sehingga tidak sempat meracik bahan disekitar rumah menjadi obat kutu adalah membeli obat semprot anti kutu. Lokasi yang tersedia seperti petshop dan tempat khusus lainnya, lebih aman bagi hewan berbulu Anda karena diformulasikan khusus untuk kucing.

Menggunakan garam bercampur air

Garam yang terdapat di dapur bisa digunakan untuk membasmi telur dan larva kutu. Campurkan garam secukupnya dalam wadah bak mandi sebatas kaki kucing, angkat mereka secara perlahan dan bilas menggunakan air garam tersebut.

Membawa kucing ke petshop

Pilihan lain yang lebih praktis membasmi kutu kucing adalah meminta bantuan jasa profesional yang sudah berpengalaman dalam bidangnya. Beberapa tenaga ahli seperti petshop yang menyediakan metode yang tepat, dapat menghilangkan kutu yang terdapat pada hewan peliharaan Anda.

Gejala hewan peliharaan kemungkinan ada kutu, diantaranya
tingkah laku yang tak biasa seperti gelisah, menggaruk berlebihan, dan aktivitas yang tak lazim lain
bulu rontok secara berlebihan di tubuh kucing bagian tertentu, misalnya leher, telinga dan lainnya
permukaan kulit kucing cenderung kering dan kasar
menemukan kutu di lantai atau ditemukan kutu pada bulu kucing

Penyebab kutu kucing perlu diobati

Kutu adalah serangga kecil yang tidak memiliki sayap. Parasit ini melompat pada hewan peliharaan yang lainnya jika Anda memiliki beberapa hewan peliharaan yang sehat agar bisa hidup dengan mengisap darahnya. Proses penyebaran yang berlangsung cepat pada hewan dan seringkali sulit untuk dikenali pada awalnya, hingga suatu ketika badan mereka telah penuh dengan kutu.

Sebagian pemilik hewan berbulu mungkin tidak menyadari jika 1 kutu dapat menggigit hewan peliharaan hingga 400 kali sehari. Sehingga perilaku mereka mengaruk sepanjang hari merespon rasa yang amat menganggu dirinya.

Disamping gigitan kutu menyebabkan iritasi, kesusahan dan ketidaknyamanan bagi hewan peliharaan, hal rumit lainnya akan terjadi karena infeksi akibat luka yang tergaruk mengundang kuman dan bakteri. Oleh karenanya, tidak mengherankan sebagian dari kucing liar setelah berkutu dan tidak diobati dengan tepat, kemunculan seperti infeksi kulit, hingga keadaan bulu rontok.

Kehidupan kutu

Siklus hidup kutu dimulai dengan telur kecil yang diletakkan oleh induk betina di bulu kucing. Jenis kutu dewasa diperkirakan bisa bertelur hingga 50 butir sehari. Selain itu kutu dapat tinggal di karpet, tempat tidur dan perabotan berbahan kain, yang menetas menjadi larva beberapa hari berikutnya.

Sebagian pemilik kucing setelah tahu hewan berbulu memiliki kutu, biasanya mereka sangat sulit dihilangkan jika sumber tempat bersarang dalam rumah demikian luas. Uniknya ketika Anda sudah membersihkan hewan berbulu dengan cara cepat dan aman menghilangkan kutu kucing dari hewan, justru hanya sekitar 5% kutu ditemukan pada mereka, sisanya 95% tersebar di sekitar rumah karena belum dewasa. Oleh karenanya perlu kesabaran yang baik setelah menemukan kutu pada mereka dan pengobatan secepatnya diperlukan supaya tidak menyebar ke setiap ruangan dan perabotan berbahan kain.

Setelah mengetahui cara cepat dan alami menghilangkan kutu kucing mengingat dampak yang bisa ditimbulkan jika terlambat diobati, diharapkan tidak menunda lagi.