Pages

Senin, 23 Desember 2019

Cara Melatih Kucing Mengenal Perilaku Baik

Terbaru

Trik melatih kucing untuk mengenal beberapa perilaku yang baik memiliki pengaruh cukup besar bagi kenyamanan Anda, terutama pada kebersihan dan kesehatan. Hewan peliharaan tersebut ternyata bisa Anda latih karena termasuk satwa yang bisa memahami instruksi dan kebiasaan sepanjang menemukan metode tepat. Mereka termasuk hewan cerdas untuk belajar melalui pengajaran yang menjadikan makhluk sosial dengan keterampilan dan trik unik.


1. Kucing dapat dilatih dengan tepat jika Anda paham yang akan diberikan


Sebelum memutuskan untuk memberi latihan kepada kucing, hal yang pertama dan mungkin saja dasar yang terpenting adalah bertanya kepada diri Anda sebagai majikan. Menurut Anda, keterampilan yang seperti apa ingin dipahami kucing selama latihan diberikan.

Mungkin hewan peliharaan tersebut ada masalah dalam perilaku kesehariannya, sehingga mereka perlu mendapatkan latihan agar menjadi lebih baik.

Salah satu kebiasaan kucing rumahan ketika dirawat adalah cara mereka menyalurkan keinginan secara sembarangan. Misalnya mereka senang menggaruk sofa dan perabotan kayu dan membuat keadaan properti tersebut lecet dan sobek.

Selain itu penyayang kucing (cat lovers) dimungkinkan mengajar mereka keterampilan yang lebih tinggi untuk keperluan lomba, kompetisi dalam meraih nilai terbaik dalam kontes melibatkan juri.

Ada beberapa cara melatih kucing yang dapat diterapkan supaya mereka memiliki kepribadian semakin baik.

Semakin tinggi harapan Anda memberi pemahaman dari proses belajar kepada mereka, tingkat kesulitan tersebut semakin ditentukan jenis tindakan perilaku yang akan diajarkan. Setelah mendapatkan jenis keterampilan yang harus dipelajari kucing, langkah berikutnya bersama dengan teman memulainya.

Majikan yang memelihara kucing, sebagian besar menginginkan hewan peliharaan tersebut mampu beradaptasi pada kemampuan dasar seperti:

  • Memakai kotak sampah untuk membuang kotoran dengan tepat
  • Mencegah perilaku yang tidak baik seperti menggaruk sofa atau melompat dan mendiami lokasi yang tinggi
  • Membiasakan mereka saat bermain untuk tidak menggigit
  • Perintah seperti datang, duduk, diam, meloncat, berguling, dll


2. Mulai dengan latihan singkat


Cara mengajar kucing memahami instruksi yang ingin mereka ketahui, maka majikan perlu memperhatikan waktu dan durasi pelajaran bagi mereka. Hewan peliharaan tersebut punya kemampuan yang harus disesuaikan, ditambah lagi keadaan dan suasana hati serta seberapa besar minat kucing.

Sesi latihan terlalu panjang cenderung membosankan karena kucing salah satu jenis hewan yang memiliki bentuk perhatian yang lebih pendek dibanding anjing. Walau pada awalnya hewan berbulu tersebut mampu melakukan trik yang diajarkan, maka pertimbangan seperti, bagaimana dan kapan ingin melakukannya mempengaruhi tingkat keberhasilan Anda. Ini

Kemampuan Anda menemukan waktu yang sesuai dengan pengamatan yang benar, dapat memperbesar peluang Anda dalam mengajar hewan peliharaan tersebut. Selama minat mereka memperlihat rasa tertarik, maka menjadi lebih mudah.

Oleh karenanya, kurangi jam latihan yang terlalu lama dan sebaiknya pemberian waktu pelatihan lebih singkat, namun memiliki pengaruh yang paling efektif . Mereka akan lebih senang belajar singkat namun diberikan lebih sering dan alami. Hal yang perlu diketahui majikan adalah berusaha tetap tenang, sabar dan, fokus tanpa mengenal menyerah jika kucing masih tidak berkembang secepat yang Anda harapkan. Mereka mandiri dan berkemauan keras, yang membutuhkan banyak kesabaran jika ingin mengajarkan keterampilan baru.

3. Fokus pada satu tindakan perilaku


Cara melatih kucing efektif adalah proses pengenalan perilaku tertentu saja. Meskipun beberapa jenis kucing dimungkinkan mempelajari beberapa hal secara bersamaan, untuk mendapatkan hasil maksimal dan pemahaman belajar lebih efektif adalah mengajarkan terlebih dahulu tentang satu hal pada saat itu. Jika majikan menilai kemampuan mereka berhasil seperti yang diharapkan, dapat beralih kepada trik lain sehingga tidak membingungkan mereka.

4. Hadiahi perilaku yang baik


Kucing merespons dengan sangat baik terhadap sistem penguatan positif daripada memberikan hukuman. Jika hewan peliharaan tersebut menjalankan instruksi dalam perilaku yang baik, jangan pelit untuk memberi mereka pujian atau hadiah yang disukainya. Metode cara mengajar kucing dengan penguatan positif dapat ditambahkan dengan camilan atau makanan yang disukainya. Sebelum hadiah diberikan, beri tanda melalui ucapan seperti "bagus" atau ucapan lain yang disukai Anda. Dengan cara ini, mereka akan membuat hubungan antara tujuan, hadiah dan ucapan yang Anda berikan, sehingga paham telah berperilaku baik.

5. Jangan menghukum perilaku buruk


Metode cara melatih kucing yang tidak tepat hanya membuang waktu Anda. Selain itu hewan yang tidak memberi respon dalam perilaku yang diinginkan, ketika mendapat hukuman sebenarnya makin meningkatkan rasa tidak nyaman sehingga latihan tidak efektif.

Hukuman yang dijatuhkan bagi kucing selain tidak membantu memori untuk mengingat, malah bisa kebalikannya membuat mereka stres dan kecemasan.

Cara yang tepat saat Anda mendapati mereka berperilaku tidak sesuai adalah mengalihkan perhatian kucing sehingga tidak meneruskan aksi tersebut. Misalnya saat mengajar mereka untuk tidak menggaruk sofa dan perabotan, waktu melihatnya melakukan, beri isyarat seperti suara terdengar cepat untuknya. Misalnya "hei', "stop" atau "jangan".

6. Mengajak serta anggota keluarga


Cara melatih kucing agar mengerti kebiasaan yang baik adalah peran serta anggota keluarga yang lain. Misalnya Anda memberi tahu maksud latihan tersebut dan kata yang ingin disebutkan untuk mereka, saat terlihat ingin atau sedang menggaruk sofa dan perabotan lainnya.

7. Melatih kucing sejak usia kecil


Jika Anda membawa pulang anak kucing, tentukan waktu yang tepat kapan mereka bisa belajar mengenal kebiasaan baik dalam rumah, Dengan latihan sejak anak kucing yang disosialisasikan berbentuk interaksi sejak dini, hewan peliharaan tersebut semakin mudah belajar memahami perilaku yang diinginkan majikannya.


Pelatihan dasar untuk kucing


Memperbaiki perilaku yang tidak pantas


Sebelum masuk ke trik belajar yang sulit, Anda dan sebagian besar penyayang hewan peliharaan tentunya lebih mendukung mereka memulai dengan tingkat dasar. Misalnya perilaku dasar dalam kebiasaan kucing adalah memakai kotak penampungan kotoran yang diperlengkapi pasir kucing.

Cara Melatih kucing menggunakan kotak kotoran

Langkah pertama mengajar mereka paham terbiasa buang kotoran yakni persiapan seperti tempat yang tepat untuk kotoran mereka. Pastikan kotak kotoran tersebut diletakkan di lokasi yang mudah diakses dan ditempatkan di ruangan tenang dan yang tidak terlalu jauh. Yang terpenting lagi adalah usaha Anda dalam menjaga kotak penampungan kotoran tersebut selalu bersih dan tidak bau.

Setelah kotak dan pasir untuk kotoran diletakkan, maka mulai melatih kucing. Salah satu metode yang mudah membiasakan mereka pup ditempat yang diinginkan, membawa mereka masuk pada kotak pasir setelah mereka selesai makan.

Umumnya kucing akan garuk pasir dengan kaki depannya sampai mereka buang air kecil. Ulangi cara mengajar kucing beberapa kali hingga mereka menyadari tujuan kotak pasir tersebut.

Untuk menambah pengalaman mereka bahwa buang kotoran di kotak yang disiapkan menyenangkan, maka memberi pujian serta hadiah bagi mereka, sangat disarankan. Hal yang terpenting tidak menghukum mereka karena masih buang pup di luar kotak. Hukuman hanya membuat mereka takut untuk belajar dan mungkin membuat kucing cemas, tidak nyaman, gugup atau takut.

Cara melatih kucing tidak menggigit saat bermain

Sebelum memulai memberi latihan untuk kucing supaya tidak menggigit saat bermain, Anda perlu tahu, alasan membuat mereka melakukan hal tersebut. Anda perlu mengingat jenis permainan saat itu apakah berlangsung kasar atau mereka tidak ingin bermain namun dipaksakan.

Jika mereka menggigit karena bermain, maka Anda perlu menghentikan permainan sebelum mereka menjadi agresif. Keluar dari permainan dengan sikap berdiri, duduk diam dan abaikan hewan peliharaan Anda. Jika proses cara mengajar kucing tidak menggigit saat bermain dilakukan dengan konsisten. Hewan peliharaan akan menyadari, majikannya tidak akan bermain dengan mereka jika terlalu kasar melalui gigitan atau cakaran.

Hal ini menjadi berbeda jika kucing menggigit atau mencakar ketika Anda berusaha menganggu kenyamanan mereka yang tidak ingin diganggu.

Beberapa jenis kucing dapat juga agresif dan menggigit atau mencakar jika tidak mendapatkan waktu yang cukup menyalurkan energinya.

Anda dapat mengajak mereka untuk olahraga menggunakan mainan yang memancing naluri pemangsa mereka.

Cara mengatasi kucing senang menggaruk sembarangan

Jika kucing mempunyai kebiasaan menggaruk sembarangan, mungkin Anda perlu mempertimbangkan alat bantu yang dibutuhkan mereka. Sebagian besar hewan berbulu tersebut cenderung melakukan garukan secara sembarangan, karena tidak tersedia tempat khusus untuk menggaruk.

Banyak alat garukan untuk kucing yang bisa dibeli secara online maupun berkunjung langsung di petshop terdekat.


Melatih kucing keterampilan lebih tinggi

Jika hewan peliharaan Anda mampu melakukan trik dasar, seperti buang pup di kotak penampungan kotoran, tidak ada salahnya jika Anda mencoba mengajarkan mereka memahami kemampuan yang lebih tinggi. Misalnya kucing akan datang setelah dipanggil atau melakukan gerakan spesifik.

Hal terpenting cara melatih kucing memahami keterampilan dasar dan yang lebih tinggi adalah persiapan makanan kesukaannya sebagai hadiah. Selain itu, memperhatikan suasana mereka dengan tepat sebelum melanjutkan sesi latihan.

Hubungan emosi antara kucing dan majikan yang terbentuk dengan instruksi khusus, jika sudah terbiasa melakukannya dapat diganti dengan elusan di bagian kepala sambil memberi pujian..

Cara mengajar kucing duduk

Cara mengajar kucing duduk perlu dikombinasikan dengan alat bantu seperti bahasa komunikasi yang simpel. Anda dapat memakai tangan ketika mengajar kucing duduk saat memberikan perintah verbal.

Cara melakukannya, berdiri di depan kucing Anda dengan hadiah dan ucapkan “duduk” dengan suara yang tenang dan mantap. Posisi tangan Anda vertikal hingga tanda berhenti. Setiap kali kucing duduk, beri hadiah diikuti kata khusus.

Tinggi lima. Mengajari kucing Anda memberi Anda lima tinggi jauh lebih sederhana daripada yang terlihat. Mulailah mendorong gerakan kaki mereka tetapi perlakukan mereka setiap kali kaki mereka bergerak dari tanah. Kemudian, bungkus bungkusnya dengan kepalan tangan Anda dan tunggu mereka mencoba mengambilnya dengan kaki mereka. Ketika mereka melakukan ini, hadiahi mereka. Secara bertahap mulailah mengangkat tangan Anda lebih tinggi dan lebih tinggi. Setiap kali mereka menyentuh tangan Anda dengan kaki mereka, hadiahi mereka. Jangan lupa untuk menggunakan perintah verbal dan ucapkan “sarang lima” atau “goyang kaki” saat Anda melatihnya. Kucing Anda akan segera belajar bahwa mereka harus memberi Anda lima tinggi setiap kali Anda mengulurkan tangan dan mengucapkan kata ajaib!

Cara mengajar kucing meloncat

Trik lainnya dapat dipelajari teman berbulu tidak terbatas. Anda bisa mengajar mereka membunyikan bel, berbaring, berguling, berenang, menari atau melompat. Yang Anda butuhkan hanyalah ide, banyak kesabaran, konsistensi dan fokus.