Pages

Jumat, 19 Juni 2020

Ciri ciri kucing hamil dengan 5 tanda ini

Terbaru

Kehamilan kucing betina bisa terjadi kapan saja, tanpa sepengetahuan majikan selama hewan peliharaan tersebut masih bermain bebas di luar dan tidak diawasi.

Ketika kucing betina lepas dari pengawasan sebentar saja dan bercampur kucing jantan, pertemuan pertama kali itupun masih bisa membuahkan kehamilan.

Tak heran jika ada penilaian tentang kucing salah satu hewan yang paling cepat berkembang biak di dunia, disebabkan kemungkinan mereka hamil bisa dua kali dalam setahun.

Majikan yang prihatin dan ingin membatasi kehamilan kucing supaya tak kerepotan, yakni melakukan sterilisasi di dokter hewan.

Perlu diketahui kemungkinan kucing hamil dalam usia muda, pada usia 4 bulan sudah bisa hamil pertama.

Waktu kehamilan kucing tersebut rata-rata terjadi selama 9 minggu atau kisaran 63 hari. Namun pada minggu pertama ini, masih sulit memprediksi, apakah mereka sakit atau hamil dengan gejala yang sama.

Ciri-ciri kucing hamil

Ada sekitar 5 tanda yang bisa dijadikan ciri-ciri kucing hamil. Umumnya tanda tersebut mudah terlihat jika diperhatikan dengan benar.

1. Perubahan bagian ASI

Tanda yang pertama secara fisik pada ciri kucing hamil adalah perubahan bagian ASI mereka. Diperkirakan pada waktu 3 minggu, bagian ini akan menjadi semakin gelap dan terjadi pembesaran.

Sepanjang fase ini biasanya ada susu yang mungkin keluar dari ujung ASI walau saat itu mereka belum siap memproduksi secara alamiah sampai kelahiran anak kucing.

2. Sering muntah dan mual

Perilaku kucing betina yang memasuki masa kehamilan, perilaku mereka menjadi berubah dengan sering muntah dan mual. Meski sikap mual dan muntah kucing betina tidak sering terjadi dibandingkan dengan wanita hamil. Namun pada waktu tertentu akan semakin menjadi-jadi.

Untuk memastikan kondisi kesehatan kucing tersebut, bawalah ke dokter hewan untuk memeriksa keadaannya. Apakah muntah dan mual karena hamil atau masalah penyakit ?

3. Perut membesar

Ciri-ciri lain ketika kucing betina sedang hamil adalah perubahan fisik perutnya menjadi besar. Untuk mengenali tanda ini, biasanya sudah terlihat antara 30 hari sejak kehamilan mereka.

Salah satu tanda fisik yang paling terlihat pada mereka adalah berat badan semakin berat karena kemungkinan ada 2 hingga 4 ekor calon bayi didalam perut induk.

4. Mencari tempat aman

Tanda yang menjadi ciri kucing hamil lain adalah perubahan sikap mereka mulai mencari tempat yang menurutnya aman. Beberapa tempat yang dinilai induk kucing lebih aman, biasanya akan memilih lokasi yang tenang, tidak berisik dan sulit terjangkau hewan lain.

5. Aktivitas harian berbeda

Untuk meyakinkan majikan mendeteksi hewan peliharaan hamil atau tidak, yakni melihat aktivitas harian. Pada kucing betina yang sedang hamil, biasanya sikap menjadi keibuan dan menjadi semakin manja dengan pemiliknya.

Beberapa kebiasaan lain yang bisa dijadikan ciri adalah jam tidur mereka. Induk kucing sedang hamil maka jam tidurnya semakin sering dilakukan atau mudah mendengkur.

Cara termudah memastikan hewan tersebut hamil atau sakit, membawa mereka ke dokter hewan untuk diperiksa. Beberapa pemeriksaan yang lebih jitu memprediksi hal tersebut, umumnya melalui ultrasound.

Sumber foto pixabay