Pages

Selasa, 23 Juni 2020

Kucing Hamil

Terbaru

Kucing betina sebagai makhluk mamalia akan melahirkan keturunan mereka supaya bisa berkembang biak, seperti dilakukan makhluk lain yang ada di bumi.

Jika Anda sedang menduga kucing peliharaan dalam masa hamil maka muncul pertanyaan umum yang mungkin perlu diketahui pecinta hewan.

Satu pertanyaan cukup banyak adalah waktu kucing sedang hamil dan pertanyaan lain seperti tanda yang menjadi ciri khas hewan tersebut agar tidak salah sangka.

Masa Kucing Hamil

Berbeda dengan masa hamil manusia memerlukan waktu antara sembilan bulan, induk kucing yang mengandung anak kucing tersebut lebih cepat untuk melahirkan. Kehamilan kucing sampai melahirkan sekitar 58-67 hari atau 2-3 bulan.

Jika menghitung fase kehamilan yang dimiliki kucing betina belum di steril, dalam setahun saja bisa hamil kembali hingga 3-4 kali.

Tanda Kucing Hamil

Majikan atau pecinta hewan peliharaan kucing yang belum tahu tanda kehamilan, perlu melihat beberapa ciri yang berlangsung pada mereka. Dengan pengenalan awal inilah pemilik bisa mempersiapkan beberapa kebutuhan yang diperlukan calon induk kucing.

5 Tanda kucing hamil dan masuk fase kelahiran
  1. induk kucing mencari tempat lebih aman
  2. minat makan menurun
  3. kebiasaan tidur lebih lama
  4. mudah mengeong untuk menarik perhatian majikan
  5. perut membesar disertai perubahan warna ASI menjadi gelap

1. Induk kucing mencari tempat lebih aman

Kucing peliharaan yang hidup dalam lingkungan dalam rumah, sebagian besar sudah merasa aman dan terlindungi. Perilaku mendapat rasa aman dalam induk kucing hamil semakin meningkat menjelang akan melahirkan.

Mereka mulai mencari lokasi yang lebih aman menurut penilaian dan insting alamiah. Umumnya sang induk kucing akan mencari tempat yang dianggap lebih aman pada 1-2 minggu sebelum melahirkan anak.

Artikel Pilihan

2. Minat makan menurun

Kucing hamil di awal periode akan membuat selera makan meningkat pesat karena memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi yang dibutuhkan dirinya serta anak yang dikandung. Setelah periode selera makan meningkat dan masa kelahiran semakin dekat, perlahan induk kucing mulai menurun minat makannya.

3. Kebiasaan kucing hamil sering tidur lebih lama

Jika Anda memiliki peliharaan yang senang tidur, maka waktu untuk tidur semakin lama jika mereka akan melahirkan anaknya. Pemilik tak perlu khawatir jika menemukan induk kucing lebih sering tidur karena waktu kucing tidur rata-rata 16-18 jam dalam sehari.

4. Mudah mengeong untuk menarik perhatian majikan

Perilaku hewan peliharaan hamil dan dekat masa kelahiran akan berubah menjadi sering mengeong dengan majikan atau anggota keluarga di rumah. Jika melihat induk kucing melakukan hal tersebut, selain minta perhatian lebih dari orang yang dituju. Persiapan lain yang perlu Anda lakukan adalah menyediakan tempat untuk mereka lahir.

Beberapa tempat yang bisa Anda pakai sebagai alas atau rumah mereka, misalnya dengan kardus, kotak, atau kandang untuk kucing.

Jangan lupa memberi alas handuk atau kain bersih di bagian dasar kardus, kotak atau kandang mereka.

5. Perut membesar disertai perubahan warna ASI menjadi gelap

Perubahan fisik lain ketika kucing hamil dan waktu melahirkan semakin dekat adalah warna ASI agak kehitaman gelap dan membesar.

Untuk memastikan kesehatan hewan yang hamil sampai kelahiran yang sehat dan aman, bawa mereka ke dokter hewan untuk pemeriksaan medis. Tenaga ahli kesehatan memiliki saran yang baik membantu proses kelahiran mereka dari pengalaman yang dimiliki. Misalnya kemungkinan resep suplemen pada induk jika bobot badan kurus, dan lain sebagainya.

Tidak disarankan memberi suplemen atau vitamin tertentu tanpa rekomendasi dokter hewan. Kucing hamil hingga kelahiran, rata-rata bisa melakukan secara mandiri.

Jika majikan atau pemilik kucing mulai kerepotan dengan induk yang selalu melahirkan setiap tahun, cobalah berkonsultasi dengan dokter hewan terdekat untuk melakukan sterilisasi.

Sumber foto Pixabay