Pages

Jumat, 17 Juli 2020

Kucing Makan Rumput, Normalkah Kebiasaan Mereka?

Terbaru

Kucing yang makan rumput mungkin tidak banyak masyarakat tahu hal ini. Namun beberapa ras kucing, ternyata melakukan hal tersebut untuk alasan tertentu. 

Ketika Anda melihat kucing makan rumput, sebaiknya tidak kaget dengan perilaku mereka. Hewan peliharaan hingga kucing liar yang gemar makan rumput, selain kemungkinan masalah pada perut mereka, dalam kondisi sehat pun bisa dilakukan.

Normalkah kebiasaan kucing makan rumput?

Untuk pemilik yang merawat kucing peliharaan di rumah, mungkin merasa khawatir dengan perilaku mereka makan rumput. 

Sebagian besar tahu kucing adalah hewan karnivora yang artinya sumber makanan utama mereka berasal dari hewani atau daging. Struktur organ tubuh kucing dengan anjing yang dapat makan segalanya, maka kucing tidak bisa makan rumput seolah salad segar.

Enzim tubuh kucing tidak cocok memproses sumber makanan dari tumbuhan selain daging.

Kebiasaan kucing makan rumput memunculkan beberapa penyebab yang mungkin dilakukan mereka secara sengaja.

Misalnya ada anggapan kucing memilih rumput untuk dimakan layaknya salad karena membantu organ perut dan tubuh mereka membuang sesuatu yang tidak bisa dicerna. 

Beberapa zat yang sering terdapat dalam perut kucing tersebut, diantaranya gumpalan bulu, menambah produksi nutrisi asam folat, hingga kemungkinan mengurangi stres.

Mengutip sciencemag tentang perilaku kucing makan rumput. Sebuah penelitian yang dilakukan pada lebih 1.000 pemilik kucing lewat survey, majikan yang terbiasa bersama dengan kucing mereka lebih dari 3 jam sehari, sebagian besar menganggap perilaku kucing makan rumput adalah wajar. Hanya 11 persen dari pemilik tersebut menyebutkan, tidak pernah melihat kucing mereka makan rumput.

Sebanyak 91 persen pemilik kucing menyebutkan, kucing mereka tidak terlihat sakit sebelum dan sesudah makan rumput tersebut. Sebagian mengungkap kucing dominan muntah sebagai hasil memakan rumput dengan bentuk gumpalan rambut.