Pages

Selasa, 01 Desember 2020

Cara Mengawinkan Kucing agar Hasilnya Maksimal

Terbaru

Dok Pixabay

 Cara mengawinkan kucing peliharaan dengan hewan sejenisnya bisa menimbulkan kebingungan khusus, khusus pemilik anabul yang belum pernah mengalami dan mengetahui proses dunia kucing.

Secara umum perjodohan dan proses musim kawin atau disebut dengan musim birahi dari anabul tersebut, sejatinya berjalan alamiah berdasarkan naluri dan insting hewan tersebut.

Sementara beberapa dari pemilik anabul yang memiliki ras kucing asli atau menginginkan calon keturunan anak kucing. Biasanya lebih selektif mengawinkan kucing kepunyaannya agar mendapat anabul yang cantik dan tampan sekaligus mewariskan genetik asli induk.

Jika Anda membutuhkan tips singkat cara mengawinkan kucing persia, kesulitan menjodohkan kucing jantan penakut atau memiliki rencana memasangkan kucing dengan anabul yang belum saling kenal. Simak beberapa informasi berikut ini.

Alasan mendasar pemilik perlu tahu cara mengawinkan kucing


Problem klasik pemilik anabul ras tertentu yang memiliki kucing Persia, Anggora atau ras murni lainnya. Biasanya perilaku pasangan yang akan dijodohkan bisa berubah menjadi penakut, galak dan belum saling kenal akan mempengaruhi hasil yang diinginkan tidak maksimal.

Naluri alami pada kucing bebas yang memasuki masa panas (musim kawin) sebagian besar berlangsung dengan wajar selama kedua jenis pasangan merasa cocok.

Cara Mengawinkan Kucing agar Hasilnya Maksimal


Berdasarkan pengetahuan penulis tentang dunia kucing untuk mengawinkan anabul dengan hasil yang maksimal. Pemilik hewan peliharaan perlu menyiapkan beberapa hal berikut:

Usia

Masa tumbuh kembang yang dialami anak kucing hingga beberapa bulan ke depan. Rata-rata mulai memasuki sirklus musim panas sekitar 5 - 6 bulan sejak masa kelahiran mereka. Beberapa dari ras kucing tertentu mungkin bisa lebih cepat atau lebih lambat dengan perbedaan 1 - 2 bulan saja.

Jika kita memperkirakan usia produktif dari anabul yang sebaiknya dikawinkan dengan pasangan mereka yang ideal. Saat mereka memasuki umur 1 tahun baru dianggap sudah siap memiliki keturunan karena beberapa alasan kesehatan fisik dan mental mereka.

Penyebab umur 1 tahun atau lebih kucing lebih aman dikawinkan

Faktor kesehatan
Kucing yang dipaksakan kawin sebelum cukup umur atau dinilai dewasa oleh pakar hewan memiliki resiko terjadinya penumpukan hormon progesterone dalam saluran uterus kucing.

Ciri dan gejala yang terjadi pada hewan peliharaan kucing terlalu kecil dipaksa kawin dan mengandung individu baru mengakibatkan penebalan dinding uterus. Dalam tingkat lanjutan yang mempengaruhi kesehatan mereka akibat penebalan tersebut mengundang potensi terjadinya infeksi jika bakteri berkembangbiak dalam tubuh mereka.

Faktor mental
Salah satu alasan logis mengapa anak kucing yang belum dewasa belum boleh dikawinkan adalah masalah kesiapan mental mereka yang belum lama berusia kecil dan bertumbuh.

Belum berkembangnya organ tubuh mereka hingga usia dewasa menjadi alasan lain penyebab anak kucing lebih sehat bersama induk mereka minimal 3 bulan lebih.

Anak kucing perlu mendapat air susu induk untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh mereka dari penyakit umum.

Faktor lainnya yang mempengaruhi anabul sebaiknya mulai dikawinkan setelah mencapai usia 1 tahun lebih adalah tentang kesiapan kedewasaan calon induk untuk merawat dan menyusui individu yang baru jika lahir.

Sifat dan karakter kucing jantan dan betina


Sifat dan karakter hewan mungkin bisa mengambarkan kehidupan nyata sebagai contoh konkrit. Beberapa spesies tertentu ada yang terkenal sangat setia dengan calon pasangan mereka sehingga tetap rela menunggu waktu yang tepat untuk mendekati mereka. 

Jenis hewan yang setia seperti ini biasanya akan mencari pasangan yang sama saat masuk musim kawin atau musim panas. Kecenderungan memilih pasangan penganti sangat kecil meski masih bisa terjadi pada mereka.

Dalam dunia kucing jantan dan betina ada aturan tidak tertulis tentang mencari pasangan tersebut.

Kadang-kadang Anda akan melihat seekor kucing jantan yang demikian setia pada kucing betina tertentu sehingga tidak mencari penganti lain saat musim panas datang.

Sementara sebagian lagi dari jenis kucing betina ada juga yang siap dikawinkan oleh beberapa pejantan dan biasanya berlaku pada anabul jantan tidak keberatan menunggu.

Oleh karena itu, mengapa anak kucing yang lahir dari induk kucing betina terkadang bisa memiliki keturunan berbeda warna dengan induknya.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal cara mengawinkan kucing, Anda perlu menghitung hari yang baik. Biasanya kucing yang masuk masa kawin memiliki 7 hari terbaik. Jika masa panas sudah lewat, Anda bisa menunggu beberapa bulan lagi ketimbang memaksakan mereka namun tidak memberi hasil sama sekali.

Untuk mendapatkan hitungan hari yang tepat dari ras kucing tertentu. Anda bisa berkonsultasi dengan peternak profesional.

Kesehatan

Cara mengawinkan kucing Persia, Anggora Maine Coon atau ras kucing murni lainnya adalah memperhatikan kesehatan masing-masing pasangan.

Jika kondisi kucing mengalami gangguan kesehatan atau sedang sakit. Cara memaksakan tidak akan memberi hasil maksimal karena dalam kondisi seperti ini kucing yang sakit tidak memiliki keinginan tersebut.

Tips yang paling mudah menjaga kesehatan anabul Anda sebelum masuk musim kawin adalah memberikan vaksin yang disarankan dokter hewan terdekat.

Beberapa faktor kesehatan lain yang bisa mempengaruhi minat kucing atau menjadi pertimbangan majikan lain adalah kucing tidak memiliki masalah kutu, tampilan fisik tidak seperti kekurangan nutrisi dan bulu tidak kusam atau sedang sakit.

Ciri kucing masuk musim panas


Ciri-ciri pada kucing jantan dan betina sedang masuk musim panas mempunyai gejala yang mungkin sama persis pada keduanya.

Namun dengan memberi perhatian lebih Anda akan melihat beberapa perbedaan antara jantan dan betina.

Ciri kucing jantan sedang masa panas
  • suara mengeong terdengar lebih keras
  • sering keluyuran atau bermain di luar dan sering tidak pulang ke rumah
  • perilaku kucing jantan lebih agresif
  • muncul kebiasaan spraying di tempat tertentu

Ciri kucing betina sedang masa panas
  • watak mereka bisa semakin galak terhadap kucing yang mendekati
  • perilaku menjadi suka berguling di lantai
  • intonasi nada suara lebih garing dan keras
  • ketika pingul mereka tersentuh objek akan menunjukkan postur menungging
  • menjadi sangat manja

Cara mengawinkan kucing yang benar


Jika faktor usia, kesehatan dan faktor lain dianggap telah memenuhi kriteria yang bagus untuk mengawinkan kucing Anda. Pertimbangkan memakai jasa profesional menjodohkan kucing Anda agar memperoleh hasil maksimal.

Jika Anda ingin menjodohkan kucing tersebut sendirian, berikut tips yang perlu diketahui:
Untuk mengawinkan kucing pada musim kawin. Anda tidak bisa mengabungkan mereka begitu saja dalam 1 kandang. Pertimbangkan faktor pendekatan bagi spesies kucing yang belum kenal satu dengan yang lain sehingga mencegah mereka berkelahi.

Gunakan 2 kandang untuk setiap kucing dengan jarak tertentu sehingga anabul bisa saling kenalan dan beradaptasi. Saat kucing betina atau jantan memberi sinyal sudah cocok dan siap di jodohkan, barulah bisa digabung menjadi 1 dalam satu kandang.

Selama kucing sudah cocok dan memberi sinyal cocok. Mereka mungkin perlu waktu di kandang tersebut sekitar 4 - 10 hari sesuai kondisi dan situasi. Hal terpenting yang bisa dilakukan peternak atau pemilik anabul adalah menyediakan akses makanan, minuman dan membersihkan kotoran setiap hari.

Mengapa kucing yang akan dikawinkan perlu beberapa hari di kandang?

Ada beberapa kemungkinan yang bisa terjadi selama kucing tersebut berada dalam 1 kandang dalam waktu sebentar saja. Diantara kemungkinan tersebut adalah posisi atau postur kucing betina belum pas sehingga perlu waktu kawin lebih dari 1 hari.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal sebagai cara mengawinkan kucing, Anda bisa minta bantuan profesional yang menangani perkawinan ras kucing.

Memberi waktu ekstra ketika mengawinkan kucing membutuhkan yang tidak sebentar. Misalnya saat kedua kucing sudah melakukan musim panas dan di perkirakan berhasil. Maka pisahkan keduanya karena kucing betina bisa menjadi lebih galak setelah masa birahi mereka menghilang.

Namun proses tersebut kemungkinan akan diulangi lagi jika ternyata anabul betina tidak mendapatkan keturunan.

Ciri kucing betina hamil
  • Perut membesar sekitar minggu ke 3 - 5 jika hamil
  • bulu kucing betina akan rontok dan menipis
  • perubahan warna pada organ untuk menyusui membesar dan berwarna kemerahan mudaan
  • pada situasi pagi atau waktu tertentu akan mengalami muntah
  • perilaku menjadi manja atau gelisah
  • selera makan meningkat
  • aktivitas harian berkurang lebih memilih untuk tidur
  • senang berada di tempat tenang, sunyi dan gelap menjelang kelahiran

Demikian tulisan tentang mengawinkan anabul Anda agar hasilnya maksimal. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.