Pages

Selasa, 01 Desember 2020

Pengobatan Alami untuk Kucing Diare

Terbaru

Sumber Pixabay

 Masalah kesehatan yang sering terjadi pada hewan peliharaan terkadang bisa sembuh alami tanpa bantuan manusia. Salah satu keluhan yang cukup banyak terjadi pada kucing ketika mengalami diare.

Gangguan kesehatan diare pada kucing bisa menjadi lebih serius akibatnya dibanding dengan manusia. Saat Anda membersihkan kotak kotoran mereka dan melihat perubahan pup yang dikeluarkan lebih encer dan cair. Ada baiknya mulai mencari tahu penyebab mereka mengalami masalah tersebut.

Secara umum diare yang terjadi pada hewan peliharaan Anda sebagai mekanisme pertahanan diri membuang dan mengurangi "racun" dan zat asing yang tidak bisa dicerna tubuh.

Masuknya zat atau benda asing tersebut membuat tubuh mereka berusaha membuang dengan mempercepat kerja usus sehingga bisa pulih seperti semula.

Tanda diare kucing setelah berhasil mengeluarkan zat asing tersebut sebagai besar tidak perlu merasa khawatir.

Selain penyebab yang berasal dari makanan yang tidak seharusnya mereka konsumsi sehingga menjadi diare, beberapa penyebab hewan peliharaan mengalami diare akibat faktor pengaruh lain.

Infeksi virus, penyakit tertentu, alergi makanan hingga peralihan pola makan yang tidak cocok bisa membuat mereka mengalami diare.

Kondisi kucing diare menyebabkan mereka kehilangan cairan tubuh yang cukup banyak. Oleh karena itulah, gejala kucing mengalami diare lebih dari 24 jam membuat mereka dehidrasi dan mengundang resiko yang lebih serius. Segera bawa mereka ke dokter hewan terdekat untuk pertolongan pertama dan pengobatan lanjutan.

Beberapa penyebab kucing bisa diare:
  • makan makanan yang tidak layak dikonsumsi
  • minum susu manusia yang mengandung laktosa
  • alergi makanan
  • mengalami stres
  • melakukan perjalanan melelahkan
  • pengaruh bakteri dan penyakit spesifik

Ciri diare pada kucing yang memerlukan bantuan dokter hewan:
  • mengalami diare lebih dari 24 jam
  • diare berlangsung dengan keadaan berdarah, muntah, demam
  • organ tubuh menjadi sulit bergerak

Pengobatan Alami untuk Kucing Diare


Pada situasi normal dan Anda menemukan pup kucing lebih encer dan mengindikasikan tanda awal diare. Mungkin berinisiatif melakukan pengobatan alami untuk mereka.

Hal mendasar yang perlu Anda siapkan adalah mengubah pola makan mereka dengan makanan khusus untuk menyembuhkan diare.

Faktor yang cukup banyak terjadi pada kucing ketika diare adalah jenis makanan yang dikonsumsi mengandung zat pewarna atau bahan buatan lain. 

Beberapa ras kucing tertentu sering bermasalah dengan perubahan makanan yang belum pernah di makan sehingga membuat usus pencernaan mereka bekerja lebih keras.

Cara sederhana memastikan makanan yang diberikan untuk hewan peliharaan tidak menganggu kesehatan mereka. Cobalah membandingkan beberapa merk terkemuka yang menawarkan jenis makanan komersial khusus kucing.

Makanan kucing yang diformulasi oleh pabrikan berpengalaman dalam dunia hewan, sebagian besar menerapkan standar kesehatan yang baik untuk hewan peliharaan.

Cara Pengobatan Alami untuk Kucing Diare yang lain bisa juga dengan pemberian makanan yang ada dari rumah. Misalnya kucing diare melakukan peralihan pola makan yang hambar hingga gejala diare mereka menjadi berkurang.

Nasi putih yang hangat tanpa campuran lain bisa digunakan sebagai alternatif pengobatan alami untuk kucing diare. Untuk meningkatkan cita rasa makanan semakin menarik, Anda bisa menggunakan kaldu tulang rebus atau daging ayam rebus agar mudah di cerna.

Pengobatan alami alternatif lain adalah mengunakan bahan makanan seperti tempe. Kucing yang sedang diare bisa juga diberi tempe dicampur ikan tongkol atau jenis daging lain sesuai kondisi saat itu.

Cara membuat tempe sebagai makanan untuk kucing diare


Cara mengolah tempe menjadi makanan sekaligus mengobati kucing yang diare adalah memotong bagian tempe menjadi bentuk yang kecil agar mudah mereka makan.

Untuk meningkatkan selera makan kucing yang sakit, kombinasikan ikan atau daging agar mereka lebih berselera mengonsumsi makanan tersebut.

Setelah kedua bahan makanan tercampur. Kukus sekitar 10 menit dan tunggu supaya hangat. Setelah dinilai bisa dimakan oleh kucing, berikan menu tempe rebus campur ikan tongkol atau daging lain selama 2 hari berturut-turut.

Persiapan awal mengobati kucing diare secara alami


Cara pengobatan alami kucing diare bisa berbeda-beda berdasarkan ras, usia dan riyawat penyakit masing-masing kucing. Oleh karena itu minta saran dan pendapat dari komunitas hewan yang pernah melakukan pengobatan secara alami.

Jika Anda merasa ragu dan tidak yakin. Bawa mereka ke dokter hewan untuk penanganan medis mencegah dehidrasi.

Untuk melakukan pengobatan alami di rumah pada kucing diare. Beberapa kucing mungkin perlu puasa sekitar 12-24 jam untuk menghilangkan sumber penyakit diare tersebut. 

Jika Anda melakukan puasa pada kucing yang sakit. Pastikan akses air bersih tersedia dengan baik.

Solusi yang lain mengobati kucing diare bisa dengan obat pencahar ramah untuk hewan. Untuk mendapatkan obat diare khusus kucing lakukan kunjungan ke Pet Shops terdekat supaya bisa segera di gunakan.

Jangan lupa bertanya aturan pemakaian yang sesuai kepada staf dan petugas yang melayani. Apakah bisa diberikan untuk kucing Anda karena dosis dan takaran mungkin berbeda-beda sesuai umur, kondisi hamil atau tidak dan pertimbangkan lain.

Untuk mencegah cairan tubuh kucing yang keluar terlalu banyak. Anda bisa mempertimbangkan memberi cairan elektrolit seperti Pedialyte.

Cara memberikan cairan penganti Pedialyte untuk kucing diare adalah dengan mencampur dengan air sesuai panduan yang tertera dalam label. Setelah dinilai cukup, berikan kepada hewan peliharaan menggunakan pipet yang dijual di Pet Shops atau toko kebutuhan hewan.