Pages

Minggu, 24 November 2019

Selain Bermain, Cara Kucing Menyenangkan Majikan Dengan Hadiah Hasil Tangkapan Mereka

Terbaru

Cara hewan peliharaan menyenangkan majikan yang merawat mereka dapat dilakukan dengan berbagai cara, yang menurut mereka salah satu bagian membahagiakan Anda. Misalnya kucing dapat membawa hadiah yang diperoleh kucing dari hasil tangkapan yang didapat mereka di lingkungan luar rumah.
Kredit okezone.com

Perilaku sebagian dari kucing yang terbiasa membawakan hadiah tersebut, tentu akan mengagetkan Anda jika hadiah tersebut sesuatu yang tidak terbayangkan, mereka bisa saja mengirimkan beberapa hadiah yang diperolehnya seperti cicak, kecoak, hingga hewan pengerat seperti tikus.

Penyebab kucing membawa hadiah untuk majikan mereka

1. Pengaruh genetik nenek moyang

Jumlah ras kucing yang bertambah banyak memiliki karakter unik yang tidak terlepas dari sejarah nenek moyang mereka sebelumnya. Ras kucing sebelumnya dikenal sebagai hewan liar yang hidup mandiri di alam bebas dengan bekal naluri dan insting bertahan hidup menangkap dan berburu hewan kecil.

2. Belajar dari Induk kucing

Pengalaman anak kucing saat masih diasuh oleh induk untuk belajar mandiri tidak dilepas begitu saja. Ketika usia mereka masih kecil, telah diajarkan secara perlahan-lahan menyesuaikan umur hingga memasuki masa dewasa dan siap mandiri.

Dikutip dari laman Live Science menerangkan, salah satu cara belajar anak kucing agar dapat berburu, proses tersebut diperolehnya dari latihan dan pengalaman bersama induknya sejak kecil. Misalnya, kebiasaan induk selalu membawa hasil tangkapan yang diperolehnya kepada anaknya.

3. Watak yang diwariskan

Fakta yang didapatkan anak kucing melalui proses belajar dan latihan dengan induk ketika berusia kecil dan pengalaman di lingkungan setelah dewasa, sebagian hewan yang dipelihara masih memiliki sifat alami tersebut. Sebagian dari kelompok kucing memiliki bekal untuk menangkap dan berburu walau kebutuhan dasar mereka terhadap makanan terpenuhi.

4. Sebagai prestasi
Dikutip dari laman Meowingtons menyebutkan, salah satu alasan kucing dapat membawa hadiah untuk majikannya adalah karena menilai majikan mereka sangat buruk untuk menangkap dan berburu. Dalam benak mereka yang sering memperhatikan pola kehidupan majikan, berpikir kemampuan buruk yang dimiliki kemungkinan akan meningkat setelah memberi beberapa hadiah sama seperti yang dilakukan induk mereka saat kecil.

5. Motivator
Cara induk kucing mengajari anak mereka mandiri berjalannya waktu, salah satunya dengan membawa hadiah hasil tangkapan tersebut untuk memotivasi dan mengenalkan jenis hewan yang bisa ditangkap.


6. Jenis kucing betina lebih cenderung memberi hadiah

Meski sebagian besar jenis kucing memiliki kemampuan mandiri untuk bertahan hidup, umumnya kebiasaan membawa hadiah lebih sering dilakukan jenis betina. Dikutip dari laman PetMD, salah satu penyebab kucing betina akan memberikan hadiah kepada majikan, diantaranya mereka tidak bisa memperlihatkan hasil tangkapan tersebut kepada anaknya sehingga majikan sebagai sosok anggota keluarga memiliki peluang yang sama.

Insting berburu dan menangkap hewan kecil dan membawa sebagai hadiah untuk diberikan kepada anak kucing maupun majikan mereka merupakan bakat alami yang sudah turun temurun sejak lama. Mereka tidak akan berhenti meski dihukum agar perilaku tersebut dapat berubah.

Untuk mengurangi kebiasaan hewan peliharaan membawa hadiah yang mungkin mengejutkan majikan, beberapa solusi yang dapat dijadikan alternatif bagi mereka adalah menyalurkan minat berburu dalam simulasi menggunakan mainan. Misalnya banyak jenis mainan untuk kucing yang bisa diberikan agar mereka tidak bosan dan keluyuran ke luar rumah.